• Home
  • Berita dan Pengumuman

Pakar Herfetofauna Dunia Berbagi Ilmu dan Pengalaman di Fakultas Biologi UGM

Kuliah_umum_Prof.Alex_150817_gb1Salah satu pakar Herfetofauna dunia yaitu Prof. Dr. Alexander Haas peneliti di Center for Natural History, University of Hamburg, Jerman hadir dan memberikan kuliah umum di Fakultas Biologi UGM pada hari Selasa,  15 Agustus 2017. Kali ini kuliah disampaikan oleh Prof. Dr. Alexander Haas dengan judul Approaches to the biodiversity and morphology of the frogs in the Sunda region.

Tujuan kuliah umum ini  dalam rangka menambah pengetahuan mahasiswa baik Program Sarjana dan Pascasarjana di Fakultas Biologi khusunya tentang teknik dan kemajuan penelitian amfibi di dunia saat ini. Kegiatan berlangsung selama hampir dua jam bertempat di Auditorium Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dan diikuti oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Gadjah Mada maupun peserta umum.

Lebih dari 25 tahun, Prof. Dr. Alexander Haas berkonsentrasi terhadap penelitian kelompok amfibi khususnya berudu katak di Sunda Region (Sumatera, Kalimantan dan Jawa). Pemaparan diawali dengan menceritakan tentang CeNak (Center for Natural History) yaitu sebuah pusat penelitian berbasis museum  (Mineralogical, Paleontological and Zoological) dan pengalamannya melaksanakan penelitian di Asia. Prof. Alex menceritakan berbagai penelitian yang telah dilaksanakannya bersama mahasiswanya di wilayah Malaysia dan Indonesia terutama di Pulau Sumatera tentang evolusi kelompok berudu Gastromyzophorus.

Pemaparan selanjutnya dilanjutkan lebih spesifik lagi tentang bagaimana pentingnya mempelajari keanekaragaman amfibi berbasis morfologi. Menurut beliau “Penelitian dapat dilakukan pada individu dewasa maupun larvanya yaitu berudu. Teknik yang dapat dilakukan meliputi Micro-Computer Tomographie (µCT), Histology, Episcopic microtomy, 3D-visualizations, Finite Element Analyse (FEA), Multibody dynamics (MBD) dan Phylogenetic systematics” ujar Alex.

Kuliah_umum_Prof.Alex_150817_gb2Pada kesempatan tersebut hadir Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., sekaligus membuka acara kuliah umum. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan: “Saat ini mahasiswa memiliki peluang besar dalam meneliti dan hal ini dapat didukung pula dengan berbagai skema beasiswa maupun pendanaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Kehadiran Prof. Alexander memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar dan lebih mengenal amfibi dari perspektif morfologi dan molekular menggunakan metode yang terkini karena Indonesia memiliki kekayaan genetik yang besar di dunia termasuk kekayaan Herfetofaunanya”. Acara tersebut dikoordinasi oleh Rury Eprilurahman, M.Sc. selaku U.P. Kemahasiswaan bekerjasama dengan Kelompok Studi Herpetologi (KSH) Fakultas Biologi UGM.

Fakultas Biologi persembahkan Gama Melon kepada 4 Menteri dan Gubernur Jawa Tengah

Hikapel_untuk_meneteri_gb4Pada 12 Agustus 2017, dalam rangka HUT RI ke-72 Universitas Gadjah Mada mengadakan acara dialog kebangsaan oleh Teraskita yang bertajuk “Refleksi 72 Tahun Indonesia Merdeka: Kerja Bersama untuk Kejayaan Indonesia” yang dihadiri dan diisi oleh Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI), Basuki Hadimoeljono (Menteri PU & PR RI), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI), Mardiasmo (Wakil Menteri Keuangan RI), dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah). Kegiatan dilaksakana di Balairung, Kantor Pusat UGM dari pukul 12.00 – 15.00 WIB.

Hikapel_untuk_meneteri_gb1Dalam jamuan makan siang, Fakultas Biologi melalui tim riset Gama Melon diberikan kehormatan untuk dapat menyajikan melon hasil penelitian Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Fakultas Biologi UGM kepada tamu undangan, para Menteri, serta Gubernur Jawa Tengah yang juga sekaligus ketua KAGAMA. Varian melon yang disajikan yaitu melon kultivar Hikapel, hasil riset dari tahun 2014 – 2017 melalui Hibah RISPRO-LPDP oleh Kementerian Keuangan. Melon Hikapel memiliki keunikan tersendiri yaitu dari aroma wangi yang dikeluarkan serta ukurannya yang mungil atau mini, selain tentunya memiliki rasa yang manis, segar, dan tekstur daging buah yang crispy. Saat ini pemasaran Hikapel telah berhasil tembus beberapa pasar/ritel modern namun masih dengan kapasitas yang sangat terbatas. Selain melon Hikapel, Gama Melon juga memperlihatkan hasil riset melon lainnya sebagai display yaitu melon kultivar Melona, Meloni, dan Melonia. Keseluruhan kultivar tersebut dipersiapkan untuk menggantikan kultivar Hikapel nantinya dalam pemasaran produk.

Hikapel_untuk_meneteri_gb2Para tamu undangan yang mencicipi melon Hikapel mengakui keunikan dan kualitas rasa buahnya yang berbeda dari melon pada umumnya, bahkan secara khusus pada akhir acara Dekan Fakultas Biologi UGM (Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc.) yang juga sekaligus sebagai ketua peneliti Gama Melon diberikan kesempatan untuk menyerahkan oleh-oleh/buah tangan berupa melon Hikapel langsung kepada jajaran Menteri dan Gubernur. Melalui akun twitter pribadi Gubernur Jawa Tengah (@ganjarpranowo), memberikan apresiasi dengan mem-posting proses penyerahan buah tangan tersebut dengan caption “melon dari Fakultas Biologi UGM”. Postingan tersebut direspon langsung oleh akun twitter resmi Gama Melon (@GamaMelon) yang menyatakan “Terima kasih atas apresiasinya, menjadikan kami semakin semangat untuk berkarya dan siap untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai lumbung melon Indonesia”.

PPSMB Metamorphoself 2017 Fakultas Biologi UGM

PPSMB_Metamorphoself_2017_gb1PPSMB Metamorphoself  Fakultas Biologi UGM 2017 dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal  9 – 10 Agustus 2017.  Kedatangan mahasiswa baru dimulai dari pukul 06.00 sampai 07.00 WIB yang diawali dengan presensi dan mengambil kaos PPSMB. Saat presensi setiap mahasiswa mendapat clue untuk menemukan kelompoknya masing-masing. Setelah semua mahasiswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing, mereka akan ditemani oleh pemandu untuk berbincang-bincang memperkenalkan diri dan melakukan cek perlengkapan. Setelah itu mereka akan menuju ke ruang auditorium.

“PPSMB Metamorphoself diadakan untuk menyambut mahasiswa baru fakultas biologi. Panitia berharap acara ini dapat membina mahasiswa baru menjadi mahasiswa biologi yang unggul dalam prestasi dan luhur dalam budi pekerti.”

Sambutan yang kedua yaitu dari ketua BEM Biologi,Wildan Gayuh Zulfikar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal

“Pertama, saya mengucapkan selamat datang untuk mahasiswa baru 2017. Kedua, mahasiswa merupakan seseorang yang aktif, sehingga jangan terlena dengan euforia menjadi mahasiswa Gadjah Mada. Jangan pernah takut untuk bermimpi, semoga siap untuk bermetamorfosis dan berdinamika bersama menjadi mahasiswa fakultas biologi UGM.”

PPSMB_Metamorphoself_2017_gb2Sambutan yang terakhir yaitu dari Dekan Fakultas Biologi Dr. Budi Setiadi Daryono,M.Agr.Sc. yang sekaligus membuka acara tersebut. Sebelum sambutan Beliau mengenalkan dosen-dosen biologi UGM dan ketua laboratorium. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa pesan yaitu

“Pertama, Kita harus besyukur atas  apapun nikmat Tuhan yang ditandai dengan perbuatan seperti menciptakan karya yang dapat bermanfaat , kedua, sebagai seorang biolog kita memiliki peran untuk menjaga biodiversitas karena indonesia memiliki kekayaan hayati yang luar biasa.” selanjutnya  beliau membuka acara Ppsmb Fakultas Biologi secara resmi.

Memasuki acara pematerian yang pertama adalah Materi kefakultasan  I yang disampaikan oleh Bapak Budi Setiadi Daryono yaitu tentang sejarah Fakultas Biologi. Beliau juga berpesan bahwa menjadi mahasiswa juga harus aktif  berorgaisasi dan rajin belajar. Beliau mengatakan juga bahwa Universitas Gadjah Mada merupakan kampus yang menjadi center dan leader universitas-universitas lainnya.

Sebelum memasuki materi kefakultasan yang kedua semua maba menyanyikan theme song PPSMB 2017 yang berjudul Perjalanan Meraih Cita. Materi Kefakultasan kedua disampaikan oleh Ibu Dr. Niken Satuti Handayani,M.Sc.  beliau menyampaikan tentang  administrasi keuangan dan fasilitas yang ada di Fakultas Biologi UGM. Dalam sesi ini beliau menyampaikan beberapa hal yaitu mengenai uang kuliah tunggal (UKT), beasiswa yang disediakan di UGM, gedung, sarana dan prasarana  fakultas biologi UGM, serta tentang sumber daya manusia di fakultas biologi seperti tenaga  pendidik dan terdidik.

Sebelum melanjutkan materi kefakultasan yang ketiga ada penampilan dari Tari Ratoe Keumala Hayati. Tari ini merupakan kesenian yang berasal dari daerah Aceh. Penarinya merupakan mahasiwa biologi sendiri yang menari dengan cantik dan anggun.

Materi kefakultasan yang ketiga disampaikan oleh Ibu Rina Sri Kasiamdari,S.Si.,Ph.D selaku wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan. Materi yang akan disampaikan seputar tentang kegiatan kemahasiswaan,organisasi mahasiswa, dan akademik seperti KRS, dosen pembimbing akademik, SKS, IPK, mata kuliah, praktikum, kerja praktik, seminar, KKN, skipsi  dan sebagainya.

Materi kefakultasan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Eko Agus Suyono,M.App.Sc yaitu mengenai riset alumni dan pengabdian masyarakat. Beliau mengatakan bahwa biologi akan menjadi trend masa depan. Dalam bidang biologi dapat banyak hal yang dapat diakukan mulai dari bidang peternakan, perikanan, pertanian dan lain-lain.  Fakultas Biologi memiliki alumni yang tersebar di Indonesia dan masing-masing memiliki karyanya yang dapat bermanfaat. Beliau berpesan  bahwa menjadi mahasiswa tidak cukup hanya belajar dan kuliah saja namun kita sebagai mahasiswa juga harus aktif berorganisasi untuk menambah soft skill. Setiap sesi materi kefakultasan mahasiswa baru tampak antusias, ada kurang lebih 2-3 mahasiswa yang bertanya pada setiap sesi. Namun disamping itu ada beberapa mahasiswa baru yang mengantuk.

PPSMB_Metamorphoself_2017_gb3Karena sudah memasuki waktu dhuhur dan makan siang maka acara dilanjutkan dengan ishoma. Pukul 13.00 acara dilanjutkan dengan kuis bersama pak budi. Kuis tersebut diambil dari materi kefakultasan yang telah disampaikan sebelumnya.  Usai kuis, acara dilanjutkan dengan pemutaran teaser PPSMB Metamorphoself 2017 dan laboratorium yang ada di Fakultas Biologi (Tour The Laboratorium). Usai pemutaran video mahasiswa baru bersama dengan kelompok dan pemandunya masing-masing melakukan Tour The Faculty. Dalam tour tersebut mereka berkeliling Fakultas Biologi, dan pemandu akan menjelaskan selayang pandang tentang laboratorium, ruang kelas, gedung, dan sarana prasarana yang ada di fakultas biologi. Setelah itu mereka akan lomba cerdas cermat yang dilaksanakan dalam tiga tempat yaitu selasar gedung B bagian selatan dan utara, serta selasar biodas.

Acara yang menutup rangkaian PPSMB Metamorphoself Fakultas Biologi  adalah sosiali perpustakaan  yang disampaikan oleh Ibu Rusna. Perpustakaan Fakultas Biologi terletak dilantai lima Gedung B yang memiliki 6 staff. Untuk dapat menggunakan fasilitas perpustakaan  seperti meminjam buku mahasiswa baru harus melakukan aktivasi anggota perpustakaan. Sekitar pukul 16.00 PPSMB Fakultas Biologi hari pertama ditutup dengan doa oleh MC.

PPSMB_Metamorphoself_2017_gb4Berbeda dengan hari pertama, hari kedua PPSMB Metamorphoself dibuka dengan pengenalan jargon baru yaitu “Hai Gamada, Apa kabar?” yang kemudian dijawab dengan antusias oleh mahasiswa baru dengan “Super, Luar biasa, hmm, au!”. Hari kedua diisi dengan mahasiswa berprestasi dan alumni-alumni sukses Biologi. Sesi pertama diisi dengan talkshow dari dua orang mahasiswa berprestasi yang dipandu oleh Aruna Bagas Kurniadi (2014). Pembicara pertama, Elory Leonard menyampaikan materi mengenai cara berprestasi melalui exchange ke luar negeri. Prestasi terbaiknya adalah Cargill Global Scholars Seminar di Amsterdam, Belanda, dimana Tim Indonesia mendapatkan prestasi sebagai the best presenter. Ada satu quote yang paling berkesan dari Elory yaitu “Don’t be opportunist! Pilih satu yang kalian suka lalu dalami. Aku juga bukannya tidak pernah gagal,tetapi dari semua yang sudah aku coba, aku berhasil di bidang yang aku dalami, yaitu tentang laut.”. Pembicara kedua, Noviana Nur Sari (2014) menyampaikan cara berprestasi dengan menulis paper untuk International conference yang tidak kalah menarik. Noviana mendapatkan banyak sekali prestasi hingga tahun 2017 ini, salah satu yang terbaik adalah menjadi First winner International paper competition di Nippon University and Life Sciences, Tokyo bersama Tim. Satu quote yang paling berkesan dari Noviana adalah  “Jangan membatasi diri ketika kamu adalah anak Biologi yang banyak laporan praktikumnya, ka10.000 anak UGM juga belajar di kelas”

PPSMB_Metamorphoself_2017_gb5Setelah talkshow berakhir, MC memandu mahasiswa baru untuk refreshing dengan senam sederhana yang ada di video. Mahasiswa menjadi siap kembali untuk menambah ilmu dalam sesi kedua. Sesi kedua juga merupakan talkshow, akan tetapi pembicaranya adalah Alumni-alumni Fakultas Biologi UGM yang suda menjadi professional di bidang masing-masing. Dinda Ayu Islami memandu talkshow yang diisi oleh Bapak Heri Susanto dan Achmad Ariefiandy Husen. Bapak Heri Susanto adalah seorang Entrepreneur sekaligus Biolog. Perusahaan Rentokil Initial Indonesia dimana Bapak Heri menjadi ahli adalah perusahaan besar penyedia jasa Integrated Pest Management. Pengelolaan hama dibutuhkan oleh hampir semua bidang seperti residential, food and beverages, food processing, shopping mall. Bapak Heri meninggalkan pernyataan yang berkesan

“semua ilmu yang saya pelajari di Biologi UGM tidak ada yang tidak terpakai”

PPSMB_Metamorphoself_2017_gb6Talkshow diselingi dengan games merangkai kata sebagai Ice breaking. Selanjutnya pembicara kedua, Achmad Ariefiandy Husen, seorang ahli konservasi komodo. Menurut Bapak yang akrab dipanggil Pak Revo ini, komodo tidak hanya ada di pulau komodo, tapi yang ada di pulau flores, lebih terancam punah. Quote yang paling berkesan dari beliau adalah “Mindset yang baik adalah kita meneliti untuk menulis sesuatu. untuk apa meneliti jika hasilnya tidak dibagi?”

Talkshow berakhir dan waktu ISHOMA tiba. Pemandu membagikan makanan kepada adik-adik dan bersiap sholat serta makan bersama. Setelah ISHOMA selesai,mahasiswa baru melakukan Sharing spesies perspektif diri bersama pemandu kelompok masing-masing. Selanjutnya mahasiswa baru bersiap untuk berkumpul di jalan taman biologi untuk bermain outbond. Outbond berisi tiga permainan yang menarik yaitu voli air, balap sarung dan …. Setelah outbond selesai, diadakan inagurasi oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Biologi (KMFB) yang berisi anggota Kelompok studi dan Lembaga yang ada di Biologi.  Inagurasi yang meramaikan penyambutan mahasiswa baru diawali dengan dance dari 5 orang dancer utama Keluarga mahasiswa fakultas Biologi yaitu Ilham, Ian, Lalu, Taufik dan Barto. Selanjutnya anggota keluarga mahasiswa fakultas Biologi melakukan flashmob bersama mahasiswa baru. Bendera selamat datang dibentangkan oleh perwakilan KS dan lembaga kemudian puncaknya adalah pelemparan kantung-kantung air dan holy powder antara mahasiswa dan anggota keluarga mahasiswa fakultas Biologi. Euforia penyambutan dan kehangatan keluarga mahasiswa fakultas biologi sangat terasa pada momen ini.

Setelah inagurasi selesai, dilakukan penganugerahan “Gamada of the Year” oleh maskot metamorphoself “Metamorpha”. Kegiatan di jalan taman biologi pun selesai dan mahasiswa baru kembali ke ruangan untuk penutupan acara. Acara ditutup oleh wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, Ibu Rina Sri Kasiamdari, S.Si., Ph.D. Pesan dari MC di hari terakhir mewakili seluruh panitia PPSMB Metamorphoself adalah “Kami bangga pada kalian, selamat datang di Keluarga Mahasiswa Fakultas Biologi”. Acara berakhir pukul 16.00.

-Tim Sekretaris PPSMB Metamorphoself 2017-

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]