Penelitian Gama Ayam F. Biologi UGM di International Conference, Thailand

ISBENS merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang yang diadakan oleh Higher Education yang berpusat di Taiwan, yang merupakan agenda agenda pertemuan para peneliti, tenaga pendidik dan mahasiswa di tingkat internasional yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penelitian terkini di bidang biologi dan pengetahuan alam yang melingkupi ilmu komputer, matematika, statistika, biologi, genetika, bioinformatika dan biomedis. Dari praktisi hingga akademisi ikut ambil peran dalam event ini.

Higher Education menerima abstrak dari beberapa negara seperti Jepang, Bangladesh, Taiwan, India, Indonesia, Myanmar, Australia dll. Kemudian melalui proses pengajuan aplikasi yang lengkap, berkas akan direview oleh reviewer yang kompeten dibidangnya. Dari ketatnya proses seleksi, salah satu penelitian yang terpilih adalah penelitian yang berjudul “The Inheritance of Phenotype Character on Chickens (Gallus gallus domesticus, Linnaeus 1758) Derived from Crosses Between Backross First Generation Chickens (BC1)” untuk kemudian dipresentasikan dalam conference.

Pada conference yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Juli 2013 tersebut, terdapat beberapa klaster sesi presentasi diantaranya klaster Biology / Biological Engineering/ Zoology, Plant Science , Chemistry / Chemical Engineering, Neuroscience / Pharmacology, dan Mathematics / Geological Sciences. Penelitian yang dipresentasikan adalah penelitian yang merupakan bagian dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Budi Setiadi Daryono, dalam hal ini peneliti juga dibimbing langsung oleh beliau dan bekerja sama dengan Tim Peneliti Ayam Laboratorium Genetika Fakultas Biologi UGM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas ayam Pelung sebagai sumber ayam pedaging guna memperbaiki mutu dan mengembangkan ayam kampung atau ayam lokal sebagai sumber daging bagi masyarakat.

Pada sesi presentasi yang diikuti oleh kami, di klaster Biology / Biological Engineering/ Zoology, Plant Science dipimpin oleh Prof. Sivakumar Nallusamy dari Oman. Di forum tersebut presentasi kami mendapat sambutan yang hangat dari peserta conference. Tanggapan baik diberikan oleh peserta conference lain yang rata – rata merupakan peneliti senior, juga kebanyakan doktor dan guru besar di bidangnya masing – masing, ditambah lagi mengetahui saya adalah peserta yang merupkan undergraduate student dari Indonesia, peserta termuda dalam conference. Dan dari paper yang saya presentasikan ada beberapa pertanyaan yang dijadikan bahan diskusi di sesi yang saya miliki.

Jayalah selalu almamaterku, jayalah selalu Fakultas Biologi, jayalah selalu Universitas Gadjah Mada.

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Agenda

There are no upcoming events.