Kunjungan Prof Masaru OhmeTakagi

Kunjungan_Prof_Masaru_OhmeTakagiRabu, 20 Januari 2016, Prof. Masaru Ohme-Takagi, Direktur Institute of Environmental Research and Technology Graduate School of Science & Engineering, Saitama University, Japan mengunjungi Fakultas Biologi UGM untuk melakukan diskusi dan inisiasi kerja sama antara kedua institusi tersebut. Kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UGM dengan Saitama University (2013-2018). Selain Prof. Masaru Ohme-Takagi, delegasi yang mengunjungi Fakultas Biologi UGM adalah Bapak Hisashi Saka, Presiden Astage Inc. perusahaan yang mensuport international exchange di Jepang, Bapak Heri Purwanto dan Andhika dari Japan Interstudy Center Indonesia (JIC). Delegasi ini disambut oleh Dekan Fakultas Biologi dalam sebuah diskusi kerja sama yang dihadiri oleh para Wakil Dekan, lKepala Laboratorium atau Perwakilannya dan staf Kantor Urusan Internasional Fakultas Biologi.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Biologi, Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto, menyatakan bahwa Fakultas Biologi menyambut baik kunjungan delegasi Institute of Environmental Research and Technology Graduate School of Science & Engineering, Saitama University, Japan tersebut dan merupakan awal yang baik untuk membicarakan bentuk kerja sama yang akan dilakukan kedua institusi di masa mendatang. Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni Fakultas Biologi, Dr. Endang Semiarti, M.S., M.Sc., menyampaikan bahwa kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk kerja sama penelitian, staff/student exchange, staff mobility, join publication/supervision dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Masaru Ohme-Takagi menyampaikan bahwa Saitama University sedang berupaya memperluas kerja sama dengan beberapa universitas di luar Jepang dan merupakan kesempatan yang bagus untuk dapat memulai kerja sama antara Institute of Environmental Research and Technology Graduate School of Science & Engineering, Saitama University dengan Fakultas Biologi UGM dalam bentuk kerja sama penelitian, staff/student exchange, bahkan program Double Degree. “Kami memiliki beberapa program internship yang dapat memfasilitasi mahasiswa internasional yang ingin merasakan iklim pendidikan di Saitama University selama 2-4 minggu. Kami juga memiliki program Lab to Lab yang dapat memfasilitasi kerja sama antar laboratorium dari berbagai universitas di luar Jepang dan kesempatan tersebut terbuka untuk berbagai bentuk kerja sama baik kerja sama penelitian, staff/student exchange, join publication/supervision dan lain sebagainya”.

Hal tersebut ditanggapi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. “Merupakan hal yang menggembirakan bagi Fakultas Biologi untuk dapat melakukan berbagai macam bentuk kerja sama dengan Institute of Environmental Research and Technology Graduate School of Science & Engineering, Saitama University. Namun, khusus untuk program Double Degree perlu untuk ada pembicaraan lebih lanjut secara khusus dan belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Hal tersebut menyangkut regulasi pendidikan tinggi di kedua negara dan perlu memperjelas sistem transfer kredit perkuliahan”, Jelas Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc.

Dalam kunjungannya, Prof. Masaru Ohme-Takagi juga menyempatkan diri untuk memberikan kuliah tamu yang bertemakan “Transcription factors are useful tool for the manipulation of plant traits” kepada Dosen dan mahasiswa (S1, S2, dan S3) Fakultas Biologi UGM. Beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk dapat kuliah di luar negeri, khususnya di Jepang. “Di Saitama University ada program internship untuk mahasiswa asing. Saya harap salah satu dari mahasiswa di sini ada yang mau mencoba 2-4 minggu untuk belajar di Saitama University dan kalau cocok bisa melanjutkan studi di sana.”

Luthfi Nurhidayat

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Agenda

There are no upcoming events.