Talkshow “Kisah Inspiratif Menuntut Ilmu sampai ke Luar Negeri: Prosedur, Tips, dan Trik”

Kamis, 17 November 2016 Kantor Urusan Internasional Fakultas Biologi UGM mengadakan talkshow tentang mobilitas luar negeri untuk kegiatan akademik. Talkshow yang diadakan di Ruang Sidang Bawah Fakultas Biologi tersebut bertajuk ““Kisah Inspiratif Menuntut Ilmu sampai ke Luar Negeri: Prosedur, Tips, dan Trik”. Acara tersebut menghadirkan beberapa pembicara yang berpengalaman dalam mobilitas luar negeri, antara lain: Afia Rifkiani, SIP,M.AIS (Staff KUI Universitas Gadjah Mada) ; Zuliyati Rohmah, S.Si., M.Si., Ph.D. (Dosen Fakultas Biologi UGM); dan Dini Astika Sari, S.Si., M.Biotech. (Alumni Fakultas Biologi UGM). Talkshow yang diperuntukkan mahasiswa S1 fakultas biologi tersebut dimoderatori oleh Woro Anindito Sri Tunjung, M.Sc., Ph.D., yang merupakan dosen Fakultas Biologi sekaligus Kepala KUI Fakultas Biologi.

Pembicara pertama, Afia Rifkiani, memaparkan materi dengan judul “Office of International Affairs: The Gateway to International Experience”. Staff KUI UGM yang akrab dipanggil Ani tersebut menjelaskan tentang informasi program-program mobilitas untuk mahasiswa yang ada di KUI UGM serta prosedur-prosedur yang harus disiapkan oleh mahasiswa ketika hendak melakukan mobilitas luar negeri untuk keperluan akademik seperti student exchange, internship, summer course dsb. “Mahasiswa harus mempersiapkan beberapa hal yang terkait dengan persyaratan aplikasi program dan dokumen keimigrasian”, papar Ani.

Pembicara kedua adalah Zuliyati Rohmah, M.Si., Ph.D., yang merupakan lulusan Gyeongsang University, Korea Selatan. Zuli, panggilan akrab Zuliyati Rohmah, menceritakan tentang pengalamannya saat menempuh studi di Korea Selatan tanpa beasiswa. “Pada waktu itu, Saya harus bekerja sebagai research assistant untuk membayar uang kuliah dan memenuhi biaya hidup” papar Zuli.  Pada kesempatan tersebut juga memberikan tips dan trik untuk dapat memempuh studi tanpa beasiswa. “Untuk dapat survive dalam menempuh studi di luar negeri tanpa beasiswa kita membutuhkan tekad dan juga harus nekad. Kerja keras sangat dibutuhkan disini” Tambah Zuli.

Pembicara ketiga adalah Dini Astika Sari, M. Biotech yang merupakan alumni Fakultas Biologi UGM. Dini pernah mengikuti program student exchange ke Nanyang Technological University Singapura, ketika menempuh studi S1 dan program research internship di Tohoku University, ketika menempuh studi S2. “Banyak hal yang harus saya persiapkan waktu itu, baik yang terkait dengan persyaratan dan dokumen legal maupun persiapan diri untuk hidup di negeri orang” papar Dini. Dini juga menjelaskan bahwa tantangan yang berat adalah penyesuaian diri dengan kultur negera tujuan. “Banyak sekali pertanyaan kepada saya tentang budaya Indonesia dan kebiasaan saya. kebetulan ketika saya di Tohoku bertepatan dengan bulan Puasa sehingga banyak pertanyaan dari rekan-rekan laboratorium perihal Puasa.” Jelas Dini. “Kita juga harus bisa menjadi duta Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki kultur yang baik” pungkas Dini.

Peserta Talkshow sangat antusias dalam menyimak pemaparan pembicara. Banyak pertanyaan yang ditujukan ke pembicara. Semoga dengan diadakannya acara ini, mahasiswa dapat mempersiapkan berbagai keperluan untuk mobolitas ke luar negeri apabila mereka berencana untuk pergi ke luar negeri untuk keperluan student exchange, internship, summer sourse, seminar, atau melanjutkan studi.

Agenda

Sep
16
Sat
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
Sep 16 2017 – Jan 30 2018 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]
Sep
17
Sun
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
Sep 17 2017 – Jan 31 2018 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]