• Home
  • Berita dan Pengumuman
  • Fakultas Biologi mengembangkan kerjasama inventarisasi Biodiversitas dengan Pemerintah Kabupaten Natuna

Fakultas Biologi mengembangkan kerjasama inventarisasi Biodiversitas dengan Pemerintah Kabupaten Natuna

Dalam rangka meningkatkan jalinan kerjasama penelitian dengan institusi dalam negeri, Fakultas Biologi UGM telah mengirimkan delegasi, yang terdiri dari Dr. Eko Agus Suyono, M.App.Sc. dan Dr. Andhika Puspito Nugroho, untuk melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau, pada tanggal 29-30 November 2016.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk pengembangan kerjasama penelitian Biodiversitas di Kepulauan Natuna. Dalam kunjungan tersebut, delegasi Fakultas Biologi UGM diterima oleh Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, M.A., Asisten III Sekretariat Daerah Drs. Izwar Asfawi, M.M., dan perwakilan dari Bappeda, Bagian Kesra, dan Dinas Pendidikan.

Pertemuan tersebut membahas mengenai rencana pengembangan kawasan konservasi biodiversitas di Kepulauan Natuna. Dalam waktu dekat, Pemkab Natuna akan meningkatkan pengelolaan Pulau Senoa sebagai kawasan terpadu untuk pariwisata dan konservasi. Selain itu, juga dibahas mengenai konservasi monyet Kekah Presbytis natunae (Thomas & Hartet, 1894) yang merupakan primata endemik Natuna. Saat ini, Kekah tersebut mengalami ancaman serius, karena hilangnya habitat akibat konversi lahan dan perburuan.

Pertemuan tersebut antara delegasi Fakultas Biologi UGM dan Pemkab Natuna menghasilkan kesepakatan untuk melakukan kerjasama penelitian penyusunan database biodiversitas di Pulau Senoa dan konservasi Kekah.

Pada kunjungan ke Natuna, delegasi Fakultas Biologi UGM juga melakukan Promosi Program S1 Biologi dan Program S1 di UGM kepada para siswa SMA di Natuna. Kegiatan promosi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Program S1 yang berasal dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (Perbatasan)).

Agenda

There are no upcoming events.