• Home
  • Kemahasiswaan
  • Kegiatan Mahasiswa
  • Pelatihan Desain Grafis dan Kewirausahaan (PEDEGRAFHA) 2017 Sarana Peningkatan Kemampuan Desain Grafis dan Membentuk Pribadi Mandiri dengan Berwirausaha

Pelatihan Desain Grafis dan Kewirausahaan (PEDEGRAFHA) 2017 Sarana Peningkatan Kemampuan Desain Grafis dan Membentuk Pribadi Mandiri dengan Berwirausaha

Hidup di zaman modern dengan segala sesuatu yang serba canggih dan instan, menuntut kita untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi. Misalnya dalam bidang desain grafis yang berperan penting dalam menunjang pemasaran suatu produk dan promosi. Desain dengan bantuan aplikasi memberikan kesempatan untuk menuangkan kreativitas dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, perlu ditanamkan jiwa wirausaha yang kreatif untuk memanfaatkan peluang pasar yang cukup ketat persaingannya. Hal ini yang menjadi alasan bagi Kelompok Studi Entomologi untuk mengadakan Pelatihan Desain Grafis dan Kewirausahaan (PEDEGRAFHA).

Pelatihan Desain Grafis dan Kewirausahaan (PEDEGRAFHA) 2017 merupakan salah satu program kerja gabungan antara Divisi Media dan Informasi dengan Divisi Kewirausahaan Kelompok Studi Entomologi (KSE) Fakultas Biologi UGM. PEDEGRAFHA 2017 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Mei 2017 ini, mengusung tema “Be A Young Entrepreneurship, Be A Designer”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desain grafis dan berwirausaha bagi kalangan muda, khususnya anggota KSE. PEDEGRAFHA 2017 diikuti 50 orang peserta yang meliputi anggota KSE, siswa dan mahasiswa di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.30 WIB, dilanjutkan sambutan ketua panitia oleh Adam Astiti (KSE XVIII), sambutan oleh Erwin Nur Indiarto (KSE XVI) selaku ketua KSE 2017, dan sambutan dari perwakilan Fakultas, Sukirno, S.Si., M.Sc., Ph.D (Laboratorium Entomologi). Pada kesempatan ini, Bapak Sukirno berpesan bahwa jiwa berwirausaha perlu ditanamkan dalam diri, khususnya bagi mahasiswa, sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri.

Pada pelaksanaannya, PEDEGRAFHA dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi I berupa Seminar Kewirausahaan dan sesi II berupa Pelatihan Desain Grafis. Seminar kewirausahaan diisi oleh Rehan Abdullah Salam, S.T.P. yang merupakan pemilik Chockles dan pelatihan desain grafis, materi disampaikan oleh Dini Pramesti (KSE XV). Dalam seminar kewirausahaan, disampaikan mengenai perjalanan Chockles hingga sukses seperti sekarang. Rehan juga menampilkan beberapa foto untuk mendukung kisahnya tersebut. Sesi ini dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta kepada pembicara. Pada akhir diskusi, Rehan menyampaikan beberapa kiat-kiat sukses, seperti cara menemukan partner berbisnis yang baik. Pada sesi II, pematerian disampaikan oleh Dini Pramesti. Dalam pelatihan desain grafis ini, disampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam desain grafis. Dilakukan pula praktek desain langsung oleh peserta menggunakan aplikasi Corel Draw yang dipandu oleh Dini. Pada praktek desain ini, khusus diajarkan mengenai dasar dan pembuatan desain secara sederhana dengan memperhatikan aspek tertentu.

Acara diakhiri pada pukul 12.00 WIB. Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan lancar. Jumlah peserta yang hadir cukup banyak dan cukup antusias menerima materi. Diharapkan, kegiatan ini dapat diadakan kembali dan menjadi agenda tahunan KSE.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]