Bio-RTR Kajian#3: Biologi Bertanya, Islam Menjawab

Kajian Fiqih
Biologi Bertanya, Islam Menjawab
oleh : Ustadz Arfiansyah, Lc.
di Ruang V Fakultas Biologi UGM
Kamis, 18 Mei 2017 pukul 16.00-17.30

Puasa memiliki arti menahan. Dalam puasa Ramadhan ini, kita harus dapat menahan :

  1. Lapar/ dahaga, termasuk di dalamnya sedikit makan dan mengurangi makan. Dalam rasa lapar terdapat ibadah yang luar biasa
  2. Perkataan kotor. Untuk dapat menahan dari perkataan kotor, kita harus banyak tilawah, dzikir, dan ibadah lainnya. Siapa yang memberikan kesaksian palsu, maka kesaksiannya nggak akan di terima selamanya.
  3. Segala yang mengurangi pahala puasa. Rasulullah bersabda, “Berapa banyak orang yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan apa-apa selama puasanya, kecuali lapar dan haus”.
    Yang termasuk dalam hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita adalah berbuka di tempat-tempat yang menghalangi ibadah kita dan menghabiskan waktu untuk memasak. Maka kita harus menyibukkan diri untuk hal-hal yang dapat mendatangkan pahala, seperti thalabul ‘ilmi, membaca Al-Qur’an, shalat sunnah, dan ibadah lainnya.
    Banyak dari seorang yang berpuasa tapi tanpa sadar mereka berpuasa karena perkataannya.

Untuk menyambut bulan Ramadhan yang hampir datang ini, kita harus mempersiapkan diri kita dengan :

  1. Kepahaman kita pada Ramadhan
  2. Kesehatan tubuh kita
  3. Kondisi spiritual kita

Mengenai niat ketika berpuasa di bulan Ramadhan, ada sedikit perbedaan antarulama. Ada ulama yang mengatakan bahwa satu niat untuk 30 hari puasa di bulan Ramadhan. Sementara ulama lain ada yang mengatakan bahwa niat puasa harus diperbaharui setiap hari.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]