• Home
  • Berita dan Pengumuman
  • Ikuti Pameran Petro Agrofood Expo 2017, tim riset Gama Melon Fakultas Biologi Masuk Jajaran Stand Terbaik

Ikuti Pameran Petro Agrofood Expo 2017, tim riset Gama Melon Fakultas Biologi Masuk Jajaran Stand Terbaik

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-45, PT. Petrokimia Gresik mengadakan sebuah acara pameran Petro Agrifood Expo 2017 dengan kegiatan utama berupa bazar produk hasil pertanian, olahan hasil pertanian, alat, dan sarana prasarana pertanian dalam mengekspose kegiatan riset PT. Petrokimia. Kegiatan Petro Agrifood Expo telah menjadi agenda rutin tahunan yang dimulai sejak tahun 2003 dan memperoleh respon besar bagi pengunjung, khususnya bagi masyarakat Gresik dan sekitarnya. Gama Melon sebagai salah satu tim riset Fakultas Biologi UGM dari Laboratorium Genetika dan Pemuliaan pada tahun ini turut ikut ambil bagian dalam pameran Petro Agrifood Expo 2017 yang berlangsung dari tanggal 20 – 23 Juli 2017 di Kebun Percobaan PT. Petrokimia, Gresik, Jawa Timur.

Gama Melon merupakan tim riset yang berfokus pada penelitian dan pengembangan kultivar melon lokal yang unggul dan memiliki kualitas mumpuni tidak kalah dari benih melon impor yang beredar di pasar Indonesia saat ini. Dalam pameran ini, Gama Melon memamerkan dan menjual beberapa kultivar baik buah maupun benih yang telah berhasil didiseminasi, yaitu kultivar Hikapel, Melona, Meloni, Tacapa GB, Tacapa Silver, dan Tacapa Gold sekaligus menggandeng mitra binaan Gama Melon dalam budidaya dan pengolahan produk diversifikasi olahan melon, yaitu ‘Kampoeng Melon’ Desa Modangan, Kec. Nglegok, Blitar.

Selama pameran berlangsung, antusiasme pengunjung sangat tinggi untuk mengetahui lebih jauh terkait produk-produk Gama Melon dan Kampoeng Melon. Beberapa produk dari stand Gama Melon dan Kampoeng Melon bahkan ludes terjual diborong pengunjung pada hari kedua pameran. Hal ini dikarenakan produk yang dipamerkan dan dijual oleh dua tim ini merupakan sebuah produk baru hasil riset yang belum merambah pasaran agrikultur Indonesia, selain itu juga memiliki kualitas produk yang baik seperti tingkat kemanisan dan daya simpan buah. Tingginya antusiasme pengunjung membuat tim Gama Melon dan Kampoeng Melon masuk kedalam jajaran stand terbaik selama pameran dan dianugerahi juara 2 stand terbaik kategori umum pada saat penutupan Petro Agrifood Expo 2017.

Bapak H. Sudjari selaku ketua kelompok tani Kampoeng Melon menyatakan bahwa “bentuk kerjasama yang baik bersama UGM membuat kami mulai mandiri dalam pengelolaan desa agrowisata melon serta pengolahan buah melon itu sendiri”. Beliau juga tidak menyangka berhasil masuk kedalam jajaran stand terbaik selama pameran karena baru pertama kali mengikuti dan persiapan yang masih sangat kurang. “Melalui pameran ini kami menjadi yakin, bahwa produk yang kami ciptakan dari hasil riset ternyata diterima dengan baik oleh masyarakat. Kami menjadi semakin bersemangat untuk terus berkarya melalui riset-riset yang kami lakukan di kampus” ujar Annas Rabbani, S.Si.,M.Sc. selaku ketua tim pameran dari Gama Melon. Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. sebagai dekan Fakultas Biologi UGM sekaligus ketua peneliti Gama Melon “selamat untuk tim Gama Melon atas prestasinya dalam inovasi karya riset dan diseminasinya, semoga ilmu biologi dapat terus diaplikasikan dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia”.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]