Dosen Biologi UGM peraih beasiswa INPEX menghadiri Temu Alumni INPEX

temu_alumni_INPEX_082017_gb5Berdiri sejak tahun 1981, INPEX Scholarship Foundation konsisten memberikan beasiswa kepada pelajar asal Indonesia untuk melanjutkan studi S2 di berbagai universitas di Jepang. Setiap tahunnya, INPEX Scholarship Foundation memberikan beasiswa untuk 2-4 orang peraih beasiswa. Dari alumni beasiswa INPEX yang tersebar di Indonesia dan di berbagai Negara, dua diantaranya adalah dosen Fakultas Biologi UGM, yaitu Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr. Sc., yang mengenyam pendidikan Master di Tokyo University of Agriculture (TUA) dan Mukhlish Jamal Musa Holle, M.Env.Sc. di Hokkaido University.

temu_alumni_INPEX_082017_gb1Dalam rangka menjaga jejaring alumni yang tersebar di Indonesia, INPEX Scholarship Foundation mengadakan reuni atau OB-Kai yang diadakan umumnya 1-2 tahun sekali. Pada tahun ini, kegiatan ini diadakan pada Selasa lalu (8/8) di De Kendhil yang dihadiri 16 alumni peraih beasiswa INPEX yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Perwakilan dari INPEX Pusat di Jepang, Yuichi Ito, dan bapak Iwan dari INPEX Kantor Jakarta.

temu_alumni_INPEX_082017_gb3“Trend dari peraih beasiswa INPEX saat ini adalah mahasiswa yang mendalami bidang ilmu lingkungan dan biologi molekular”, tutur Bapak Yuichi Ito dalam penyampaiannya terkait kondisi terkini beasiswa INPEX. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa peminat beasiswa INPEX semakin meningkat dan mencapai 150 pelamar setiap tahunnya.

temu_alumni_INPEX_082017_gb2Beasiswa INPEX memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan beasiswa lain, antara lain adalah adanya dukungan finansial untuk menghadiri konferensi ilmiah. Selama menjadi penerima beasiswa INPEX, Dr. Budi memperoleh penghargaan Semi Special Awards dari JICA Japan untuk lomba essay, Young Scientist Awards dari International Society for Horticultural Sciences (ISHS) pada acara The 2nd International Symposium on Cucurbits (ISC) 2001 di Tsukuba Jepang. Senada dengan pengalaman yang didapat oleh Dr. Budi, Mukhlish Jamal Musa Holle, M.Env.Sc.  juga mendapatkan berbagai kesempatan selama studi di Jepang, antara lain adalah menjadi 2nd Best Presenter dalam International Student Conference on Environment and Sustainability (ISCES) 2016 di Shanghai, Tiongkok, Presenter di Annual Meeting of Association for Tropical Biology and Conservation (ATBC) 2016, dan di beberapa konferensi internasional.

temu_alumni_INPEX_082017_gb4“Semoga para Sarjana khususnya alumni Fakultas Biologi UGM dapat memanfaatkan beasiswa dari INPEX Foundation Japan ini untuk melanjutkan studi jenjang Magisternya di Jepang serta meningkatkan peluang networking internasional untuk kemajuan Bangsa Indonesia ke depannya” ujar Dr. Budi.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]