Sejarah

Pendidikan Tinggi Biologi di Universitas Gadjah Mada pada awalnya diselenggarakan atas pertimbangan bahwa Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam, termasuk flora dan fauna, perlu mengembangkan Biologi sebagai ilmu dasar yang kuat, untuk menunjang pengembangan ilmu lain yang terkait dengan sistem hayati. Pendidikan Tinggi Biologi tersebut di Universitas Gadjah Mada bermula sebagai pendidikan Baccalaureat Biologi pada Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi.
Fakultas Biologi UGM didirikan pada tanggal 19 September 1955 berdasarkan SK Mentri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI no. 53759/Kb, tertanggal 15 September 1955. Modal pertama Fakultas ini berupa dua seksi, yaitu:
  1.  Seksi Zoologi, yang semula merupakan bagian Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi UGM.
  2. Seksi Botani, yang semula merupakan bagian Fakultas Pertanian dan Kehutanan UGM.

Tokoh pembina pertama Fakultas Biologi UGM ialah Prof. Drs. R. Radiopoetro (alm) sebagai Dekan pertama dan Prof. drg. R.G. Indojono (alm) sebagai Sekretaris Fakultas. Tokoh lain dalam pendirian Fakultas Biologi antara lain Prof. dr. Soewasono (alm), Prof. Ir. Gembong Tjitrosoepomo (alm), dan Ir. Soeryo Sodo Adisewoyo (alm).

Mahasiswa angkatan pertama adalah mahasiswa yang mengikuti pendidikan Baccalaureat Biologi pada Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. Pada waktu itu, Fakultas Biologi UGM berada di Kompleks Mangkubumen, Yogyakarta, bersama Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. Sejak tahun 1970, Fakultas Biologi UGM menempati kampus di Sekip Utara Yogyakarta.

Dari awal berdiri hingga tahun 1979, Fakultas Biologi menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana muda (B.Sc.) yang dapat ditempuh selama tiga tahun, kemudian dilanjutkan ke tingkat sarjana (Drs.) yang dapat ditempuh selama dua tahun. Sejak tahun 1980, pendidikan tingkat sarjana muda dan sarjana diganti dengan program sarjana strata 1 (S1) dengan sistem kredit semester dan dapat diselesaikan dalam waktu empat tahun.

Antara tahun akademik 1983/1984 hingga 1994/1995, Fakultas Biologi UGM menyelenggarakan tiga program studi, yaitu Program Studi Botani, Program Sudi Zoologi, dan Program Studi Lingkungan berdasarkan SK Mentri P&K no. 0553/0/1983 tertanggal 8 Desember 1983. Setelah tahun akademik 1994/1995, hanya satu program studi, yaitu Program Studi Biologi, yang diselenggarakan berdasarkan SK Mendikbud no. 056/U/1994 tertanggal 19 Maret 1994 dan SK Mendikbud no. 0219/U/1995 tertanggal 25 Juli 1995.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]