VISI : Fakultas Biologi UGM menjadi Fakultas yang unggul, sebagai pusat pendidikan, pengembangan penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang biologi khususnya biologi tropika yang berorientasi pada kepentingan bangsa dan berdasarkan Pancasila
Anda di sini:

Fakultas Biologi UGM

Andhika Puspito Nugroho, S.Si., M.Si.

E-mail Cetak PDF

Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

 

M.Si :  Institut Teknologi Bandung, Bandung (2002),         

bidang Ekologi/Ekotoksikologi

 

Minat penelitian :

Ekotoksikologi dan pencemaran lingkungan.

 

Kegiatan penelitian yang dilakukan mempelajari fate toksikan/pencemar dalam ekosistem/lingkungan dan efeknya pada tingkat individu, populasi, dan komunitas. Toksikan/pencemar yang masuk ke dalam ekosistem/lingkungan, akan mengalami transpor/perpindahan, yang selanjutnya dapat berinteraksi dengan organisme yang berada dalam ekosistem/lingkungan tersebut. Untuk mempelajari fate dan efek toksikan/pencemar dapat melalui penggunaan bioindikator, yang merupakan respon yang diinduksi secara antropogenik, yang dikaji melalui parameter biomolekular, biokimiawi atau fisiologis, dan dihubungkan dengan efek biologis pada tingkat organisasi biologis, dari individu – ekosistem.

Interaksi toksikan/pencemar dengan organisme dapat dinyatakan sebagai proses toksikokinetik, yaitu proses uptake toksikan/pencemar, dilanjutkan proses distribusi, metabolisme, dan penyimpanan dalam tubuh organisme serta ekskresi dari tubuh organisme tersebut. Proses tersebut menarik untuk dipelajari karena menentukan tingkat safety dan risk suatu toksikan/pencemar. Sedangkan interaksi polutan dengan sel, jaringan atau organ, dalam bentuk respon toksik dinyatakan sebagai toksikodinamik. Penelitian toksikokinetik tersebut dilakukan dengan menggunakan model matematis, yaitu two compartments model.  

 

No.

Penelitian

Tahun

1.

Pengembangan respon biologis untuk biomonitoring hulu sungai : studi kasus daerah hulu sungai Boyong dan Kuning Yogyakarta

2002

2.

Pemanfaatan fungsi mikhoriza arbuskula (FMA) dan bioremediasi tanah tercemar Pb.

2003

3.

Toksikokinetik krom (VI) pada Cyprinus carpio dalam modael lingkungan perairan statik

2004

4.

Efek kejenuhan karbondioksida (C02) terhadap laju pertumbuhan dan biomassa Spirulina platensis dalam fotobioreaktor

2006

 

 

No.

Pengabdian

Tahun

1.

Instruktur pada Pelatihan Penulisan Naskah Media Audio Pembelajaran untuk Program Kualitas Guru SD (S1 PGSD & Pembinaan Propesi Guru (Diklat Guru)

2007

2.

Intruktur Pelatihan Uji Toksisitas

2007

 

 

 

 

No.

Publikasi

Tahun

1.

Toksikokinetik Cr(VI) pada Tilapia nilotica L.

2005

 2.

Bioaccumulation of Chromium (Cr) on Tilapia nilotica L.)

2007

3.

The Effect of HigG Carbon Dioxode (CO2) Level to Growth Rate and Biomass of Spirulina platensis Gomont in Photobioreactor.

2007

.