• Home
  • Berita dan Pengumuman
  • Tiga Mahasiswa UGM Ikuti “2017 International Summer Course on Advanced Marine Biology” di Nagoya University, Jepang

Tiga Mahasiswa UGM Ikuti “2017 International Summer Course on Advanced Marine Biology” di Nagoya University, Jepang

Universitas Gadjah Mada kembali mengirimkan delegasinya untuk mengikuti International Summer Course (ISC) on Advanced Marine Biology pada tanggal 7 Juli-14 Juli 2017 bertempat di Sugashima Marine Biological Laboratory (SMBL), Graduate School of Science, Nagoya University. Tahun ini merupakan tahun ketiga mahasiswa UGM mengikuti kegiatan ISC tersebut. Tahun 2015 lalu, UGM mengirimkan 5 mahasiswa Fakultas Biologi UGM, sedangkan tahun 2016 diikuti oleh 3 mahasiswa Fakultas Biologi UGM dan 1 mahasiswa Fakultas Pertanian UGM. Kegiatan ISC 2017 diikuti oleh 2 mahasiswa Fakultas Biologi UGM yaitu Riris Anindya Ghifari (2013) dan Dewi Permatasari (2013) dan 1 mahasiswa Fakultas Pertanian UGM yaitu Catur Rudy Atmoko (2015). ISC 2017 ini diikuti oleh 12 peserta dari berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Jepang, Prancis, Meksiko, Austria, dan Singapura.

Dibawah arahan Professor Hitoshi Sawada, SMBL memiliki konsentrasi studi mengenai biologi kelautan. Dalam kegiatan yang bertema Advanced Marine Biology ini, para peserta dapat mempelajari mengenai basic science biology seperti dasar taksonomi hewan, observasi pada proses fertilisasi dan tahapan perkembangan sea urchin dan ascidian, selain itu juga mempelajari mengenai molecular phylogenic analysis, proteomic analysis, serta genome editing technique menggunakan teknologi TALEN. Para peserta juga melakukan eksplorasi laut dengan melakukan pengambilan sampel biota laut di zona intertidal Pulau Sugashima, sampling plankton di daerah seashore dan offshore untuk membandingkan jenis plankton di kedua lokasi tersebut, serta mengunjungi Toba Aquarium untuk mempelajari biota-biota laut yang dapat ditemukan di perairan Jepang.

Peserta dari UGM juga memperkenalkan budaya Indonesia dengan cara mengenakan pakaian tradisional saat farewell party di akhir program ISC. Selain itu juga mengenalkan karakter-karakter wayang kepada para peserta ISC dan para staf, serta mengenalkan candi-candi dan alat transportasi tradisional di Yogyakarta seperti delman dan becak dalam bentuk souvenir khas Yogyakarta. Peserta dari UGM mengajarkan beberapa kata dan kalimat dalam Bahasa Indonesia karena peserta dari negara lain tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

Melalui kegiatan ISC 2017 ini diharapkan kerjasama Fakultas Biologi UGM dengan Nagoya University yang telah terjalin sejak tahun 1995 dapat semakin erat, tidak hanya dalam hal student exchange namun juga dapat mewujudkan research collaboration untuk mengembangkan penelitian dalam bidang kelautan di Indonesia. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan skill para peserta dalam melakukan riset di bidang biologi kelautan, memperluas koneksi di level internasional, serta dapat menambah pengalaman belajar, bekerja sama, dan berinteraksi aktif dengan mahasiswa-mahasiswa dari negara lain.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]