• UGM
  • Portal Simaster
  • IT Center
  • Webmail
  • KOBI
  • Bahasa Indonesia
    • English
  • Informasi Publik
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Biologi
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi, Misi & Tujuan
    • Organisasi
    • Staff
      • Tenaga Pendidik
      • Tenaga Kependidikan
      • Kepakaran dan Topik Riset Dosen
    • Fasilitas
      • Laboratorium
      • Kebun Biologi
      • Perpustakaan
      • Museum Biologi
      • Konsultasi Kesehatan Mental
    • Galeri
      • Gedung Fakultas
      • Museum Biologi
      • Penelitian
      • Gama Melon
  • Akademik
    • Program Sarjana
      • Visi, Misi, dan Tujuan
      • Matakuliah S1
      • Pendaftaran Skripsi
      • Pendaftaran Ujian Skripsi
      • Pendaftaran Yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Klaim MK Ekstrakurikuler
    • IUP
    • Program Profesi
      • Apa itu PKKH ?
      • Sejarah Pendirian Program Studi PKKH
      • Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi PKKH
      • Kompetensi Lulusan Program Studi PKKH
      • Bahan Kajian dan Profil Lulusan Program Studi PKKH
      • Kurikulum Program Studi PKKH
      • Pendaftaran Mahasiswa Baru PKKH
      • Informasi dan FAQ Program Studi PKKH
    • Program Magister
      • Deskripsi Program Magister Biologi
      • Mata Kuliah S2
      • Kurikulum by research
      • Info Pendaftaran
      • PENDAFTARAN UJIAN KOMPREHENSIF
      • Pendaftaran Ujian Tesis
      • pendaftaran yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Tracer Study
    • Program Doktor
      • Visi, Misi, Tujuan, & Sasaran Program Doktor Biologi
      • Info Pendaftaran
      • Pendaftaran Ujian Komprehensif
    • Akreditasi dan Jaminan Mutu
  • PENELITIAN & PENGGABDIAN
    • Pengelolaan Sampah
  • Kerja Sama
  • Alumni
    • Berita Alumni
    • BCADC (Web Alumni)
    • Data Kabiogama Pascasarjana
    • Data Kabiogama Sarjana
  • Beranda
  • Profile PSDI

Profile PSDI

  • 20 Desember 2012, 06.44
  • Oleh: dedieko
  • 0

Berdiri dengan nama Pusat Komputer (PUSKOM) UGM pada tanggal 18 Februari 1978. Pusat pengolahan data dan penyajian informasi ini telah menjadi sarana untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagi seluruh civitas akademika UGM dan masyarakat umum.
gedung-psdi
Perkembangan teknologi komputer dan komunikasi mendorong Pusat Komputer menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menyelenggarakan tugas sebagai Pusat Pelayanan Teknologi Informasi UGM, sehingga pada 19 Juni 2004 UPT Komputer berubah menjadi Unit Penunjang Universitas (UPU) dengan nama Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi UGM (PPTIK UGM) yang merupakan lembaga pelayanan yang berfokus  dalam penyediakan fasilitas dan layanan dibidang teknologi informasi dan komunikasi bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan seluruh unit kerja dilingkungan UGM.

Peningkatan peran dan tanggung jawab UPU PPTIK yang semakin besar serta kebutuhan akan  sumberdaya teknologi Informasi dan proses bisnis universitas, maka pada akhir tahun 2012 PPTIK berubah menjadi UPU PSDI (Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi) berdasarkan SK rektor no 911/P/SK/HT/2012, dengan 3 bidang kerja (layanan) yaitu Bidang Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi, Bidang Integrasi Sistem Informasi dan Bidang Aplikasi dan Layanan Teknologi Informasi, Komunikasi.

Layanan Jaringan Komputer Kampus dan penyedia koneksi internet

PSDI sebagai ISP (Internet Service Provider) bagi seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan UGM dengan total bandwith internet yang tersedia saat ini sebesar 250 MB dan akan terus ditingkatkan untuk menunjang proses perkuliahan, penelitian dan administrasi perkantoran. Pusat jaringan (core) PSDI didukung oleh Cisco Catalyst 4510 saat ini sudah terhubung melalui media fiber optic ke distribution switch Gigabit Ethernet Cisco seri 3500 dan 3700 yang ada di 11 lokasi yaitu KPTU Pusat UGM, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Mipa,  Gedung Pasca Sarjana, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Pertanian, fakultas Kedokteran Hewan, Perpustakaan Pusat I, Perpustakaan Pusat II dan koneksi untuk gedung perkuliahan UGM yang ada di kota Jakarta. (Dapat dilihat di  htt://mon.ugm.ac.id).

Untuk meningkatkan jangkauan koneksi intranet maupun internet, PSDI juga melayani konsultasi, pengembangan maupun pemasangan jaringan dengan media kabel maupun radio berdasarkan standarisasi yang telah ditentukan

PSDI sebagai penyedia layanan Data center, yaitu sebagai tempat untuk penempatan server-server yang dimiliki oleh unit-unit (dedicated server), serta penyediaan VPS (virtual private server).  Dengan teknologi VPS  pengelola   menyediakan akses penuh terhadap user root, setiap VPS mempunyai konfigurasi yang bisa diatur layaknya pada server fisik (dedicated server). Penempatan server yang tersentral akan mempermudah dalam pengelolaan, pemeliharaan serta efisiensi sumberdaya listrik maupun ruang dan telah didukung dengan kebijakan penerapan pencadangan data (backup system) serta disaster recovery plan apabila terjadi kerusakan ataupun bencana.

Layanan Komunikasi

Untuk memberikan layanan komunikasi berupa email (surat elektronik), PSDI mengelola mail server bagi civitas akademika dengan domain @ugm.ac.id bagi staff pendidik dan tenaga kependidikan serta @mail.ugm.ac.id bagi mahasiswa. PSDI saat ini secara bertahap juga sudah mengembangkan layanan Single ID menggunakan account email ugm untuk mengakses beberapa layanan yang ada seperti akses internet melalui jaringan nirkabel (wifi) yang tersebar di beberapa lokasi di  lingkungan UGM, serta untuk mengakses jurnal internasional yang dilanggan UGM.

Layanan Web hosting juga diberikan bagi unit-unit kerja di lingkungan ugm dengan domain ugm.ac.id serta fasilitas blog dengan domain blog.ugm.ac.id bagi seluruh civitas akademika.

Untuk layanan komunikasi melalui telepon selain melalui sentral telepon PABX yang ada, beberapa tahun belakangan ini PSDI juga telah menerapakan penggunaan teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol) sehingga jaringan internet yang telah ada di lingkungan UGM dapat digunakan untuk komunikasi telepon.

Adanya bandwidth yang mencukupi dan infrastruktur TI  yang ada, proses belajar (kuliah) jarak jauh atau sering disebut dengan teleconference sudah dapat dilakukan hampir di setiap fakultas ataupun jurusan dengan menggunakan peralalatan video conference, sehingga komukasi interaktif face to face dengan mitra ataupun universitas di dalam negeri maupun luar negeri dapat terlaksana secara realtime dan cukup baik. PSDI juga mendukung Layanan telepresence juga sudah mulai diadopsi oleh beberapa dosen di UGM sehingga mempermudah mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.

Layanan Integrasi Sistem Informasi Manajemen

Salah satu kunci suskses pengelolaan (management) institusi adalah adanya sistem informasi manajemen yang cukup baik dan dapat diterapakan (mendukung) dalam proses bisnis yang ada. Saat ini PSDI mempunyai peran untuk mewujudkan Sistem Informasi Manajemen universitas yang terintegrasi (Simaster) sehingga dapat meningkatkan efisiensi proses kerja, kemudahan dalam mengakses informasi, dan sebagai sarana bantu untuk penentuan kebijakan (pengambilan keputusan) bagi pimpinan. PSDI juga memberikan layanan ataupun kosultasi pengembangan sistem informasi manajemen bagi seluruh unit kerja yang ada di lingkungan UGM.

Fasilitas fisik yang ada di gedung PSDI UGM  :

Ruang lab komputer dengan kapasitas 20 orang pengguna
Ruang lab komputer dengan kapasistas 40 orang pengguna
Ruang DLC (Distance Learning Center)  dengan kapasistas 30 peserta
Ruang Data Center
Ruang seminar dengan kapasitas 60 peserta yang dapat digunakan untuk  teleconference
Ruang akses internet melalui jaringan nirkabel (wifi)  di ruang open cafe
Ruang Pelayanan IT termasuk untuk menerima dan melayani permaslahan teknis dari user (pengguna)

Layanan online yang dikelola PSDI :

email ugm : http://mail.ugm.ac.id
penyimpanan file sementara (file sharing) : http://upload.ugm.ac.id
pembuatan blog ugm : http://blog.ugm.ac.id/
dan media ugm http://media.ugm.ac.id
Sumber Daya Manusia
Selain fasilitas fisik berupa infrastrukstur teknologi informasi, faktor Sumber Daya Manusia juga sangat penting dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi PSDI, dan tentunya dalam memberikan pelayanan kepada stake holders. Dalam pelaksanaan tugasnya PSDI didukung oleh beberapa staff yang berkompeten dibidangnya dan sebagian dari mereka sudah mengantongi beberapa sertifikasi teknis, selain itu PSDI juga menempatkan beberapa personil IT (pranata komputer) untuk bertugas di fakultas / jurusan dan beberpa unit/direktorat di lingkungan UGM.
personil-psdi

Berdiri dengan nama Pusat Komputer (PUSKOM) UGM pada tanggal 18 Februari 1978. Pusat pengolahan data dan penyajian informasi ini telah menjadi sarana untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagi seluruh civitas akademika UGM dan masyarakat umum.

Perkembangan teknologi komputer dan komunikasi mendorong Pusat Komputer menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menyelenggarakan tugas sebagai Pusat Pelayanan Teknologi Informasi UGM, sehingga pada 19 Juni 2004 UPT Komputer berubah menjadi Unit Penunjang Universitas (UPU) dengan nama Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi UGM (PPTIK UGM) yang merupakan lembaga pelayanan yang berfokus  dalam penyediakan fasilitas dan layanan dibidang teknologi informasi dan komunikasi bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan seluruh unit kerja dilingkungan UGM.

Peningkatan peran dan tanggung jawab UPU PPTIK yang semakin besar serta kebutuhan akan  sumberdaya teknologi Informasi dan proses bisnis universitas, maka pada akhir tahun 2012 PPTIK berubah menjadi UPU PSDI (Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi) berdasarkan SK rektor no 911/P/SK/HT/2012, dengan 3 bidang kerja (layanan) yaitu Bidang Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi, Bidang Integrasi Sistem Informasi dan Bidang Aplikasi dan Layanan Teknologi Informasi, Komunikasi.

 

Layanan Jaringan Komputer Kampus dan penyedia koneksi internet

PSDI sebagai ISP (Internet Service Provider) bagi seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan UGM dengan total bandwith internet yang tersedia saat ini sebesar 250 MB dan akan terus ditingkatkan untuk menunjang proses perkuliahan, penelitian dan administrasi perkantoran. Pusat jaringan (core) PSDI didukung oleh Cisco Catalyst 4510 saat ini sudah terhubung melalui media fiber optic ke distribution switch Gigabit Ethernet Cisco seri 3500 dan 3700 yang ada di 11 lokasi yaitu KPTU Pusat UGM, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Mipa,  Gedung Pasca Sarjana, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Pertanian, fakultas Kedokteran Hewan, Perpustakaan Pusat I, Perpustakaan Pusat II dan koneksi untuk gedung perkuliahan UGM yang ada di kota Jakarta. (Dapat dilihat di  htt://mon.ugm.ac.id).

Untuk meningkatkan jangkauan koneksi intranet maupun internet, PSDI juga melayani konsultasi, pengembangan maupun pemasangan jaringan dengan media kabel maupun radio berdasarkan standarisasi yang telah ditentukan

PSDI sebagai penyedia layanan Data center, yaitu sebagai tempat untuk penempatan server-server yang dimiliki oleh unit-unit (dedicated server), serta penyediaan VPS (virtual private server).  Dengan teknologi VPS  pengelola   menyediakan akses penuh terhadap user root, setiap VPS mempunyai konfigurasi yang bisa diatur layaknya pada server fisik (dedicated server). Penempatan server yang tersentral akan mempermudah dalam pengelolaan, pemeliharaan serta efisiensi sumberdaya listrik maupun ruang dan telah didukung dengan kebijakan penerapan pencadangan data (backup system) serta disaster recovery plan apabila terjadi kerusakan ataupun bencana.

 

Layanan Komunikasi

Untuk memberikan layanan komunikasi berupa email (surat elektronik), PSDI mengelola mail server bagi civitas akademika dengan domain @ugm.ac.id bagi staff pendidik dan tenaga kependidikan serta @mail.ugm.ac.id bagi mahasiswa. PSDI saat ini secara bertahap juga sudah mengembangkan layanan Single ID menggunakan account email ugm untuk mengakses beberapa layanan yang ada seperti akses internet melalui jaringan nirkabel (wifi) yang tersebar di beberapa lokasi di  lingkungan UGM, serta untuk mengakses jurnal internasional yang dilanggan UGM.

Layanan Web hosting juga diberikan bagi unit-unit kerja di lingkungan ugm dengan domain ugm.ac.id serta fasilitas blog dengan domain blog.ugm.ac.id bagi seluruh civitas akademika.

Untuk layanan komunikasi melalui telepon selain melalui sentral telepon PABX yang ada, beberapa tahun belakangan ini PSDI juga telah menerapakan penggunaan teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol) sehingga jaringan internet yang telah ada di lingkungan UGM dapat digunakan untuk komunikasi telepon.

Adanya bandwidth yang mencukupi dan infrastruktur TI  yang ada, proses belajar (kuliah) jarak jauh atau sering disebut dengan teleconference sudah dapat dilakukan hampir di setiap fakultas ataupun jurusan dengan menggunakan peralalatan video conference, sehingga komukasi interaktif face to face dengan mitra ataupun universitas di dalam negeri maupun luar negeri dapat terlaksana secara realtime dan cukup baik. PSDI juga mendukung Layanan telepresence juga sudah mulai diadopsi oleh beberapa dosen di UGM sehingga mempermudah mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.

 

Layanan Integrasi Sistem Informasi Manajemen

Salah satu kunci suskses pengelolaan (management) institusi adalah adanya sistem informasi manajemen yang cukup baik dan dapat diterapakan (mendukung) dalam proses bisnis yang ada. Saat ini PSDI mempunyai peran untuk mewujudkan Sistem Informasi Manajemen universitas yang terintegrasi (Simaster) sehingga dapat meningkatkan efisiensi proses kerja, kemudahan dalam mengakses informasi, dan sebagai sarana bantu untuk penentuan kebijakan (pengambilan keputusan) bagi pimpinan. PSDI juga memberikan layanan ataupun kosultasi pengembangan sistem informasi manajemen bagi seluruh unit kerja yang ada di lingkungan UGM.

 

Fasilitas fisik yang ada di gedung PSDI UGM  :

Ruang lab komputer dengan kapasitas 20 orang pengguna
Ruang lab komputer dengan kapasistas 40 orang pengguna
Ruang DLC (Distance Learning Center)  dengan kapasistas 30 peserta
Ruang Data Center
Ruang seminar dengan kapasitas 60 peserta yang dapat digunakan untuk  teleconference
Ruang akses internet melalui jaringan nirkabel (wifi)  di ruang open cafe
Ruang Pelayanan IT termasuk untuk menerima dan melayani permaslahan teknis dari user (pengguna)

 

Layanan online yang dikelola PSDI :

email ugm : http://mail.ugm.ac.id
penyimpanan file sementara (file sharing) : http://upload.ugm.ac.id
pembuatan blog ugm : http://blog.ugm.ac.id/
dan media ugm http://media.ugm.ac.id

Akreditasi

Berita Terakhir

  • Kolaborasi PKM-MBKM Fakultas Biologi UGM dan Gerakan Ekonomi Kaum Ibu (GEMI) : Pelatihan Pembuatan Pengharum Ruangan Aromaterapi sebagai Bioinsektisida dari Tanaman Atsiri
  • Field Trip Keilmuan Kelompok Studi Arsitektur Taman (KSAT) 2025
  • Soroti Kasus Lahan Bekas Tambang Nikel yang Tidak Produktif, Mahasiswa Fakultas Biologi Raih Silver Medal pada Lomba Esai Nasional SEARY 8.0
  • BEM Biologi Selenggarakan Sekolah Desain 2025
  • IGF Primers “Back to Basic” Hands-on Workshop
Universitas Gadjah Mada

UNIVERSITAS GADJAH MADA

FAKULTAS BIOLOGI
Jalan Teknika Selatan, Sekip Utara,
Yogyakarta 55281
biologi-ugm@ugm.ac.id
Telepon/Fax: +62 (274) 580839

Tentang Kami

  • Sejarah
  • Organisasi
  • Staff
  • VISI, MISI & TUJUAN
  • Biodiversitas
  • Informasi Publik

KEMAHASISWAAN

  • Pelayanan Mahasiswa
  • Organisasi Mahasiswa
  • Pengajuan Kerja Praktik Lapangan
  • Izin Penelitian Lapangan
  • Izin Penelitian Skripsi/Tesis/Disertasi

Akademik

  • Peraturan Akademik
  • Pengumuman Akademik

Survei Kepuasan Layanan

  • Survei Layanan Akademik
  • Survei Layanan KASDM
  • Survei Layanan P2MKSA
  • Survei Layanan Laboratiorum
  • Survei Layanan K5L dan Driver

Akreditasi

  • Image 1
  • Image 2
  • Image 3

© 2024 FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY