Biologi Juara Lomba Sinden, Green Ambassador dan Putra Putri Maritim Indonesia

Selama seminggu ini menjadi salah satu waktu yang mengesankan bagi civitas Fakultas Biologi karena Amadea Kinanthi Risanggita (2016), Fertin Julian Hotniel Gultom (2013), Nur Ahmad Rudin (2016) dan Achmad Mujaddid Rizky Wardana (2016) menjadi pemenang dalam perlombaan yang diselenggarakan baik skala universitas maupun skala nasional. Gita (sapaan Amadea  Kinanthi Risanggita) menjadi sinden terbaik kedua dalam lomba Pagelaran Budaya untuk memeriahkan Dies Natalis UGM ke-67. “Aku masih gak percaya bisa menang, saingannya ada dari FIB yang notabene kuat banget aplikasi budayanya” ungkap Gita. Selain Gita, Fakultas Biologi mengirimkan delegasi pada lomba pidato berbahasa jawa yaitu Jundi Faaris Alhazmi A. (2015), lomba macapatan yaitu Achmad Mujaddid Rizky Wardana (2016) dan lomba paduan suara yaitu tim Biotimbre. Pagelaran budaya ini dilaksanakan dalam menyatukan ragam seni budaya yang mencirikan slogan UGM yaitu Locally Rooted, Globally Respected.

Pada perhelatan Green Ambassador yang dilaksanakan oleh BEM KM UGM, Fakultas Biologi berhasil menembus babak final dengan meloloskan Fertin Julian Hotniel Gultom (2013), Nur Ahmad Rudin (2016) dan Hanifah Tantri (2016). Green Ambassador dibentuk dengan tujuan untuk menyebarluaskan kepekaan diri terhadap lingkungan yang menjadi amanah BEM KM UGM pada tahun ini dalam memimpin isu lingkungan di kalangan mahasiswa di Indonesia. Menjadi sebuah kebanggaan bagi Fakultas Biologi dengan terpilihnya Fertin Julian sebagai Ray (Juara 1) Green Ambassador dan Nur Ahmad Rudin sebagai juara ketiga. Isu lingkungan menjadi topik yang dirasa sangat melekat bagi civitas Fakultas Biologi, sehingga dengan terpilihnya mahasiswa Fakultas Biologi menjadi duta lingkungan diharapkan menjadi pelecut semangat civitas dalam mengatasi problema lingkungan di Indonesia.

Tak cukup dengan pentas Pagelaran Budaya dan Green Ambassador, Fakultas Biologi juga mendapatkan pengakuan mengagumkan melalui Achmad Mujaddid Rizky Wardana yang meraih posisi Runner Up pada Pemilihan Putra Putri Maritim Indonesia (P3MI) 2016 yang diselenggarakan di Jakarta.  Kontes ini diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Ayu Bahari Jaya dengan capaian untuk mempersiapkan duta maritim Indonesia yang mampu membangun karakter maritim Indonesia dan mengkomunikasikan kekayaan maritim Indonesia di kancah global. Hal menarik dari kegiatan ini yaitu puncak Grand Final dilaksanakan di KRI Surabaya 591 yang sedang bersandar di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menguak potensi bakat dari mahasiswa Fakultas Biologi tak akan habis rasanya. Dengan disokong bantuan dari pihak dekanat dan dengan dukungan masif dari mahasiswa Fakultas Biologi, tak aneh rasanya jika penghargaan demi penghargaan akan silih berganti mewarnai dinamika kehidupan akademisi seorang mahasiswa. Tak lupa banyaknya seminar yang diikuti mahasiswa Fakultas Biologi seperti rangkaian UASC (UGM Annual Scientific Conference) yang meliputi 2nd ICST (International Conference of Science and Technology), 1st ICHS (International Conference of Health Science) dan 1st ICTA (International Conference on Tropical Agriculture). Pun halnya keikutsertaan pada agenda 1st International Conference on Marine Biodiversity (COMBI), CISAK (Conference of Indonesian Students Association in South Korea) dan seminar berskala nasional lainnya. Hal ini membuktikan bahwa potensi yang luar biasa besar dari mahasiswa Fakultas Biologi dalam mengeksplor lebih dalam kapasitas akademik sekaligus berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui minat dan bakat yang dimiliki.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]