• Home
  • Berita dan Pengumuman
  • Fakultas Biologi UGM Memberikan Penyuluhan dan Pelatihan Program Aplikasi Tepat Guna (TTG) pada Kambing Bligon untuk Peternak di Dusun Wanabrata DIY

Fakultas Biologi UGM Memberikan Penyuluhan dan Pelatihan Program Aplikasi Tepat Guna (TTG) pada Kambing Bligon untuk Peternak di Dusun Wanabrata DIY

Penyuluhan_Kambing_Bligon_untuk_Peternak_WanabrataPada hari Sabtu (13 Mei 2017), Fakultas Biologi UGM memberikan penyuluhan dan pelatihan aplikasi Teknologi Tepat Guna (TTG) pada Kambing Bligon utuk puluhan peternak kambing di Dusun Wanabrata, Desa Tuksono, Sentolo, Kulon Progo DIY. Penyuluhan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat oleh Fakultas Biologi UGM dengan harapan bahwa warga memiliki pengetahuan terkait teknik dan pengembangan budidaya kambing Bligon agar didapatkan kambing yang memiliki sifat unggul untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Program TTG Bligon ini diinisiasi oleh dosen Fakultas Biologi UGM, yaitu bapak Dr. Slamet Widianto, M.Sc. sebagai ketua dan bapak Dr. Budi Setiadi Daryono,M.Agr.Sc. sebagai anggota.

Bapak Dr. Slamet Widianto, M.Sc. dalam penyuluhan tersebut menyampaikan kepada warga mengenai rencana dan manfaat program TTG Bligon ini dilaksanakan di dusun Wanabrata. Penyampaian tersebut dilengkapi oleh pemaparan dari bapak Dr. Budi Setiadi Daryono,M.Agr.Sc., yang  menjelaskan persilangan dari kambing Bligon agar warga faham sifat-sifat unggul yang dimiliki oleh indukan yang disilangkan hingga didapatkan anakan berupa Kambing Bligon Super yang memiliki kualitas unggul seperti daging yang banyak, perawakan kambing yang bagus dan produksi susu yang melimpah.

Salah satu peternak di desa Wanabrata, bapak Puji menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua tim dari Fakultas Biologi UGM yang telah memberikan hibah dan kepercayaan kepada peternak di desa Wanabrata untuk melaksanakan program TTG mengenai pemuliaan hewan ternak Kambing Bligon.

“Setelah mengikuti penyuluhan, kami minimal tahu bagaimana cara untuk mengembangkan pembibitan kambing yang baik. Kami berharap agar kedepannya akan terus diadakan pembinaan dan pendampingan untuk keterlanjutan program TTG ini dan semoga melalui penyuluhan tersebut menjadi salah satu motivasi kami untuk mengembangkan hasil ternak yang lebih maksimal lagi” ucap bapak Puji.

Melalui program TTG ini, Fakultas Biologi UGM berharap agar kedepannya Desa Tuksono dapat dijadikan sebagai Pusat Peternakan Kambing Bligon Super, terkait potensi Desa Tuksono yang mendukung peternakan Kambing karena berada di daerah pegunungan dan memiliki sumber daya alam yang mendukung pertumbuhan Kambing.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]