Peranan Identifikasi Tanaman dalam Pengembangan Obat Tradisional

identifikasi_tumbuhan_obat_gb3Memiliki sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah merupakan kekayaan yang patut dijaga, dilestarikan, dan dimanfaatkan secara bijak. Salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam adalah dengan menggunakannya sebagai obat herbal. Menyadari akan potensi ini, Universitas  Gadjah Mada mengadakan kegiatan Summer Course berjudul  “Indonesian Natural Resources to Improve Quality of Oral Health”. Kegiatan yang dilaksanakan selama 10 hari ini, dari tanggal 2 hingga 12 Agustus 2017, merupakan kegiatan kerjasama dengan main host Fakultas Kedokteran Gigi dengan co-host Fakultas Biologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Peternakan, dan Departemen Geologi Fakultas Teknik UGM.  Kegiatan ini dihadiri oleh 13 peserta yang berasal dari Niigata University Jepang, Tokushima University Jepang, Universitas Mahasaraswati Bali dan Universitas Prima Medan yang merupakan mahasiswa S1 Kedokteran Gigi.

identifikasi_tumbuhan_obat_gb2Salah satu materi yang disampaikan pada kegiatan summer course ini adalah pengetahuan terkait identifikasi tumbuhan yang dipaparkan oleh Dr. (cand) Ludmilla dan Dr. (cand) Abdul Razaq Chasani, Laboratorium Sistematika Tumbuhan, Fakultas Biologi UGM. Pengetahuan dasar terkait identifikasi tanaman obat merupakan pengetahuan awal untuk memanfaatkannya. Beberapa tumbuhan yang memiliki kekerabatan yang lebih dekat cenderung memiliki kandungan bahan alam yang serupa.

identifikasi_tumbuhan_obat_gb1“Saya yakin, dengan menghadiri kegiatan summer course ini, peserta summer course akan dapat memperoleh manfaat dari pemaparan materi dan pemahaman terkait biologi dasar, serta memperluas jejaring”, ujar Wakil Dekan Bidang Aset, Keuangan dan SDM Fakultas Biologi UGM, Dr. Niken Satuti Nur Handayani dalam pembukaannya pada sesi yang diampu oleh Fakultas Biologi UGM. Selain itu, Dr. Niken juga menekankan pada peran penting pendidikan S1 sebagai landasan yang bisa membawa kesuksesan di studi pascasarjana, karir, maupun kehidupan personal kepada para peserta summer course.

identifikasi_tumbuhan_obat_gb4Diluar lingkungan UGM, peserta summer course juga akan mengunjungi BPOT (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional) Kebumen dan Geopark LIPI di Karangsembung Kebumen. Disamping itu, mereka juga akan memperkaya life skills dengan melaksanakan pengabdian masyarakat di Wonokerto Turi, dan di Pundong Bantul dan mengenal budaya khas Yogyakarta, misalnya mengenakan baju tradisional, mengunjungi Borobudur dan menyaksikan Ramayana Ballet di candi Prambanan.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]