• UGM
  • Portal Simaster
  • IT Center
  • Webmail
  • KOBI
  • Bahasa Indonesia
    • English
  • Informasi Publik
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Biologi
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi, Misi & Tujuan
    • Organisasi
    • Staff
      • Tenaga Pendidik
      • Tenaga Kependidikan
      • Kepakaran dan Topik Riset Dosen
    • Fasilitas
      • Laboratorium
      • Kebun Biologi
      • Perpustakaan
      • Museum Biologi
      • Konsultasi Kesehatan Mental
    • Galeri
      • Gedung Fakultas
      • Museum Biologi
      • Penelitian
      • Gama Melon
  • Akademik
    • Program Sarjana
      • Visi, Misi, dan Tujuan
      • Matakuliah S1
      • Pendaftaran Skripsi
      • Pendaftaran Ujian Skripsi
      • Pendaftaran Yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Klaim MK Ekstrakurikuler
    • IUP
    • Program Profesi
      • Apa itu PKKH ?
      • Sejarah Pendirian Program Studi PKKH
      • Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi PKKH
      • Kompetensi Lulusan Program Studi PKKH
      • Bahan Kajian dan Profil Lulusan Program Studi PKKH
      • Kurikulum Program Studi PKKH
      • Pendaftaran Mahasiswa Baru PKKH
      • Informasi dan FAQ Program Studi PKKH
    • Program Magister
      • Deskripsi Program Magister Biologi
      • Mata Kuliah S2
      • Struktur Kurikulum Program Magister
      • Info Pendaftaran
      • PENDAFTARAN UJIAN KOMPREHENSIF
      • Pendaftaran Ujian Tesis
      • pendaftaran yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Tracer Study
    • Program Doktor
      • Visi, Misi, Tujuan, & Sasaran Program Doktor Biologi
      • Kurikulum Program Doktor
      • Info Pendaftaran
      • Pendaftaran Ujian Komprehensif
    • Akreditasi dan Jaminan Mutu
  • PENELITIAN & PENGGABDIAN
    • Pengelolaan Sampah
  • Kerja Sama
  • Alumni
    • Berita Alumni
    • BCADC (Web Alumni)
    • Data Kabiogama Pascasarjana
    • Data Kabiogama Sarjana
  • Beranda
  • Rilis Berita
  • Sosialisasi e-Content & Reference Management Tools Perpustakaan Fakultas Biologi UGM 2017

Sosialisasi e-Content & Reference Management Tools Perpustakaan Fakultas Biologi UGM 2017

  • Rilis Berita
  • 28 September 2017, 13.14
  • Oleh: dedieko
  • 0

Perpustakaan Fakultas Biologi UGM kembali mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas layanannya,  kegiatan ini didukung oleh Perpustakaan UGM dengan materi tentang sosialisasi e-Content dan Reference Management Tools bagi mahasiswa Fakultas Biologi UGM, baik mahasiswa program Sarjana maupun mahasiswa Pasca Sarjana. Sosialisasi ini diadakan pada hari Rabu, 27 September 2017 pukul 13.00 sampai 15.00 di Auditorium Fakultas Biologi UGM dan dihadiri oleh sekitar 50 peserta. Acara sosialisasi diawali dengan sambutan Kepala Perpustakaan Fakultas Biologi  Drs. Ignatius Sudaryadi, M.Kes kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai fasilitas, regulasi, dan tata cara mengakses fasilitas Perpustakaan Fakultas Biologi UGM secara online maupun offline oleh Rusna Nur Aini, A.Md selaku Pustakawan Perpustakaan Fakultas Biologi UGM.

Kemudian pemaparan materi dilanjutkan oleh Bagus Wijaya S.Kom dari Perpustakaan Pusat UGM. Sebagai pengantar, Pak Bagus menyampaikan kembali alur penulisan penelitian, serta mempublikasikan nya. Diawali dengan rekomendasi perangkat penyimpanan dokumen penting yang baru diunduh, kemudian pengenalan aplikasi manajemen referensi yaitu Mendeley dan Zotero. Mendeley dapat digunakan untuk melampirkan sitasi beserta referensi nya secara otomatis, sehingga dapat meminimalisasi adanya ketidakcocokan antara sitasi dan referensinya, serta efisiensi waktu dalam penulisan artikel, laporan, maupun karya ilmiah lain nya. Dalam pematerian ini juga ditampilkan tampilan halaman kerja aplikasi Mendeley Desktop, setelah terlebih dahulu melakukan registrasi di halaman Mendeley Web. Manajemen referensi sangat penting bagi mahasiswa dalam menunjang kegiatan akademik, khususnya penulisan karya ilmiah, baik lingkup nasional maupun internasional.

Setelah pematerian selesai, acara dilanjutkan dengan praktik langsung penggunaan Mendeley, dimulai dari pembuatan akun pribadi di Mendeley Web, kemudian mengunduh aplikasi Mendeley Desktop, serta memasukkan dokumen referensi kedalam aplikasi tersebut hingga melampirkan sitasi beserta daftar pustaka nya secara otomatis. Aplikasi ini dirasa sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena memudahkan penulisan karya ilmiah. Beberapa peserta terlihat sangat senang setelah mengikuti sosialisasi tersebut karena kemudahan yang dirasakan dalam penulisan sitasi dan manajemen dokumen. Jika diperlukan, akan dibuka kelas bimbingan manajemen dokumen dan sitasi oleh pihak perpustakaan untuk menunjang kegiatan akademik mahasiswa. Sebelumnya sudah pernah diadakan kegiatan pelatihan manajemen dokumen dan sitasi, namun hanya diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana angkatan 2017. (Rusna & volentir)

Akreditasi

Berita Terakhir

  • Pengumuman Pendaftaran Ulang Mahasiswa Program Sarjana Terapan, Sarjana, Profesi, dan Pascasarjana Semester Gasal TA. 2025/2026
  • Pembekalan bagi Volunteer: “Referensi Manajer Mendeley dan Scopus AI untuk Mendukung Penulisan Karya Ilmiah”
  • Program Visiting Village 1 oleh BEM di Desa Padukuhan Geger
  • Temu Alumni BEM Biologi 2025
  • Temu Alumni Departemen Sosial Masyarakat BEM Biologi 2025
Universitas Gadjah Mada

UNIVERSITAS GADJAH MADA

FAKULTAS BIOLOGI
Jalan Teknika Selatan, Sekip Utara,
Yogyakarta 55281
biologi-ugm@ugm.ac.id
Telepon/Fax: +62 (274) 580839

Tentang Kami

  • Sejarah
  • Organisasi
  • Staff
  • VISI, MISI & TUJUAN
  • Biodiversitas
  • Informasi Publik

KEMAHASISWAAN

  • Pelayanan Mahasiswa
  • Organisasi Mahasiswa
  • Pengajuan Kerja Praktik Lapangan
  • Izin Penelitian Lapangan

Akademik

  • Peraturan Akademik
  • Pengumuman Akademik

Survei Kepuasan Layanan

  • Survei Layanan Akademik
  • Survei Layanan KASDM
  • Survei Layanan P2MKSA
  • Survei Layanan Laboratiorum
  • Survei Layanan K5L dan Driver

Akreditasi

  • Image 1
  • Image 2
  • Image 3

© 2024 FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY