“Setiap yang bernyawa pasti akan mati.” Itulah firman Allah di dalam Q.S. Al-Ambiyaa : 35.Ketika berbicara tentang kematian, maka sudahkah mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian? Setelah kematian, apakah aka nada perjalanan lain yang akan dialami? Kajian Islam Pekanan kali ini mengangkat judul Perjalanan Setelah Mati yang dibahas bersama Ustadz Baihaqi. KIP telah dilaksanakan dengan lancar pada hari Kamis, 2 November 2017 di Ruang Kuliah V Fakultas Biologi UGM. KIP dimulai pada pukul 16.00 sampai dengan 17.30 yang diikuti oleh mahasiswa biologi angkatan 2017.
Ustadz Baihaqi membuka kajian dengan sebuah petanyanyaan,
“Mengapa ada kematian dan perjalanan setelah kematian?”. Ustadz Baihaqi menjelaskan bahwa kematian itu pasti terjadi. Kematian merupakan salah satu cara untuk menunjukkan mengenai aturan Allah yang telah ditetapkan. Hal ini telah Allah tunjukkan kepada Raja Fir’aun. Raja Fir’aun adalah salah satu contoh orang yang sombong dan berani menantang Allah. Dia menyatakan bahwa dirinya tidak akan mati, bahkan mengaku dirinya adalah Tuhan. Maka Allah timpakan azab kepada Fir’aun dan memberikan hadiah padanya berupa kematian. Dengan izin Allah, jasadnya masih utuh hingga saat ini untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang yang berpikir. Dengan kisah inilah, Allah menunjukkan bahwa Dialah Sang Mahapengatur dan Mahapenguasa untuk seluruh jagad semesta. Apabila telah datang ajal seseorang, maka ia tidak akan bisa menunda atau mempercepat kematian tersebut. Allah telah berfirman dalam Q.S. Al-A’raf : 34 yang berbunyi
“ Dan setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.”
Dalam membahas kematian, jika tidak memahami bahwa kematian adalah ketetapan dari Allah, maka hanya akan didengarkan dan dilupakan begitu saja. Maka penting bagi setiap umat islam untuk memperkuat akidah sehingga perihal kematian adalah suatu ketentuan Allah yang wajib diimani. Selain itu, apabila tidak atau belum memahami bahwa kematian adalah hak Allah, maka akan sulit untuk menerima bahwa ada perjalanan setelah kematian karena belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Kematian adalah sesuatu yang tidak dapat dikendalikan oleh siapapun. Sama seperti terjadinya siang dan malam yang tidak seorang pun mampu mengendalikannya. Meskipun tubuh manusia telah diamanahkan untuk menusia itu sendiri, akan tetapi seluruh tubuhnya, terutama jantung yang berdetak didalam tubuh mereka adalah milik Allah. Ketika jantung diminta Allah untuk berhenti berdetak, maka akan berhenti berdetak. Manusia harus mengalami kematian untuk memenuhi aturan Allah.
Ketika telah mengalami kematian, maka manusia akan mengalami perjalanan untuk menuju tempat yang abadi. Ketika manusia meninggal sebelum hari kiamat, maka ia akan berada di alam kubur atau alam barzakh. Alam barzakh atau yaumul barzakh adalah waktu ketika manusia meninggal hingga dibangkitkan pada saat hari kiamat. Orang-orang yang berada di waktu penantian, orang-orang dholim akan memohon kepada Allah untuk dihidupkan kembali untuk melakukan kebaikan. Allah berfirman dan Q.S. Al-Mu’minun : 99-100 yang artinya
“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang diantara mereka, dia berkata ‘Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku dapat berbuat kebaikan yang telah aku tinggalkan’. Sekali-kali tidak! Sungguh itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan.”
Ketika sampai di akhir kehidupan yaitu kiamat, maka semua manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di yaumul mahsyar. Di yaumul mahsyar maka manusia akan dikumpulkan berdasarkan golongannya, yang bertakwa akan dikumpulkan bersama orang yang bertakwa dan orang-orang yang dholim akan dikumpulkan bersama golongan mereka. Pada saat itu, matahari akan didekatkan sehingga bercucuran keringatnya. Beberapa golongan akan tenggelam karena keringatnya. Seberapa tinggi keringat itu menenggelamkannya bergantung pada dosa-dosa yang dipikulnya. Selanjutnya semua akan memasuki yaumul hisab manusia akan dihitung semua amal baik dan buruk yang telah dilakukan selama ia hidup di dunia. Selanjutnya amalan-amalan yang telah dihitung, ditimbang kadarnya pada yaumul mizan. Ketika timbangan kebaikan yang lebih berat, maka ia akan masuk surge dan apabila timbangan keburukannya lebih banyak, maka ia akan masuk neraka. Terkahir, semua manusia akan melewati jembatan shirat yang berada persis di atas mulut neraka. Saat itu, berbahagialah orang yang selalu mengerjakan kebaikan dan menyesallah orang-orang yang mengerjakan kedholiman.
Ketika tiba saatnya manusia dikembalikan, terdapat tujuh golongan yang akan dinaungi di akhirat nanti. Ketujuh golongan tersebut yang pertama adalah pemimpin yang adil. Pemimpin merupakan amanah terbesar dan terberat bagi manusia, maka ketika pemimpin itu berlaku adil, Allah akan menolongnya di hari kemudian. Kedua adalah pemuda yang tumbuh dan di masa mudanya untuk beribadah. Poin kedua ini yang lebih ditekankan oleh Ustadz Baihaqi sebagai pengingat peserta kajian yang masih menjalani masa mudanya. Pemuda yang dinaungi adalah pemuda yang setiap kali ia tumbuh, ia sedang beribadah kepada Allah. Ibadah bukan hanya sholat, puasa, zakat, dan naik haji. Akan tetapi ibadah merupakan satu kata yang mewakili semua hal yang dicintai Allah dan diridhoi Allah baik perkataan maupun perbuatan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Ibadah bukanlah sesuatu yang terbatas ruang dan waktu. Banyak orang yang salah mengartikan hal tersebut. Ketika di masjid, orang-orang cenderung melakukan hal yang baik, menjaga sikap dan perkataannya karena masjid adalah tempat untuk beribadah. Namun, ketika keluar dari masjid banyak orang yang dengan santainya melakukan perbuatan dosa padahal, beribadah bukan hanya sebatas di masjid saja. Apakah semua yang dilakukan manusia akan luput dari pengawasan-Nya? Tidak sama sekali. Ketiga adalah orang-orang yang hatinya bergantung ke masjid. Keempat adalah orang-orang yang bertemu dan berpisah karena Allah. Dalam hal ini terdapat hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Huraira r.a. yang artinya
“Ya Allah, anugerahi aku akan cinta-Mu dan cinta orang yang cintanya bermanfaat bagiku di sisi-Mu. Ya Allah segala yang Engkau karuniakan kepadaku yang aku cintai, jadikanlah ia sebagai kekuatanku dalam segala hal yang Engkau cintai. Ya Allah segala yang Engkau jauhkan dariku yang aku cintai, jadikanlah ia kehilanganku, untuk segala yang Engkau cintai.”
Kelima adalah seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita cantik, lalu ia berkata “ Aku benar-benar takut kepada Allah.” Keenam adalah orang-orang yang selalu bersodaqah namun tidak ada yang tahu dan yang terakhir adalah orang-orang senantiasa mengingat Allah dalam keadaan sepi dan meneteskan air matanya.
Perjalanan setelah kematian adalah sebuah perjalanan yang sangat panjang dan sangat melelahkan. Oleh karena itu, harus ada kesungguhan untuk menjadi muslim seutuhnya agar mendapat naugan Allah di hari akhir nanti. Ustadz Baihaqi berpesan untuk tidak membatasi ibadah sesuai dengan keinginan atau nafsu pribadi karena semuanya sudah diatur oleh Allah. Maka harus mengerjakan semua yang telah Allah perintahkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya. Di akhir kajian, Ustadz Baihaqi berkata “Janganlah menghabiskan waktu muda dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Oleh karena itu, jadilah pemuda muslim yang sesungguhnya untuk mendapatkan keselamatan yang hakiki.”
Wallahu’alambissawaf.