Perpustakaan Fakultas Biologi UGM kembali mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas layanannya, kegiatan ini didukung oleh Perpustakaan UGM dengan materi tentang sosialisasi e-Content dan Reference Management Tools bagi mahasiswa Fakultas Biologi UGM, baik mahasiswa program Sarjana maupun mahasiswa Pasca Sarjana. Sosialisasi ini diadakan pada hari Rabu, 27 September 2017 pukul 13.00 sampai 15.00 di Auditorium Fakultas Biologi UGM dan dihadiri oleh sekitar 50 peserta. Acara sosialisasi diawali dengan sambutan Kepala Perpustakaan Fakultas Biologi Drs. Ignatius Sudaryadi, M.Kes kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat mengenai fasilitas, regulasi, dan tata cara mengakses fasilitas Perpustakaan Fakultas Biologi UGM secara online maupun offline oleh Rusna Nur Aini, A.Md selaku Pustakawan Perpustakaan Fakultas Biologi UGM.
Kemudian pemaparan materi dilanjutkan oleh Bagus Wijaya S.Kom dari Perpustakaan Pusat UGM. Sebagai pengantar, Pak Bagus menyampaikan kembali alur penulisan penelitian, serta mempublikasikan nya. Diawali dengan rekomendasi perangkat penyimpanan dokumen penting yang baru diunduh, kemudian pengenalan aplikasi manajemen referensi yaitu Mendeley dan Zotero. Mendeley dapat digunakan untuk melampirkan sitasi beserta referensi nya secara otomatis, sehingga dapat meminimalisasi adanya ketidakcocokan antara sitasi dan referensinya, serta efisiensi waktu dalam penulisan artikel, laporan, maupun karya ilmiah lain nya. Dalam pematerian ini juga ditampilkan tampilan halaman kerja aplikasi Mendeley Desktop, setelah terlebih dahulu melakukan registrasi di halaman Mendeley Web. Manajemen referensi sangat penting bagi mahasiswa dalam menunjang kegiatan akademik, khususnya penulisan karya ilmiah, baik lingkup nasional maupun internasional.
Setelah pematerian selesai, acara dilanjutkan dengan praktik langsung penggunaan Mendeley, dimulai dari pembuatan akun pribadi di Mendeley Web, kemudian mengunduh aplikasi Mendeley Desktop, serta memasukkan dokumen referensi kedalam aplikasi tersebut hingga melampirkan sitasi beserta daftar pustaka nya secara otomatis. Aplikasi ini dirasa sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena memudahkan penulisan karya ilmiah. Beberapa peserta terlihat sangat senang setelah mengikuti sosialisasi tersebut karena kemudahan yang dirasakan dalam penulisan sitasi dan manajemen dokumen. Jika diperlukan, akan dibuka kelas bimbingan manajemen dokumen dan sitasi oleh pihak perpustakaan untuk menunjang kegiatan akademik mahasiswa. Sebelumnya sudah pernah diadakan kegiatan pelatihan manajemen dokumen dan sitasi, namun hanya diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana angkatan 2017. (Rusna & volentir)