“Hack the Product” Apiary Academy x Shopee merupakan kompetisi kasus bisnis tingkat nasional yang diselenggarakan oleh ekosistem pelatihan Product Management terbesar di Indonesia, Apiary Academy, berkolaborasi dengan perusahaan startup e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Shopee. Kompetisi ini diselenggarakan dari tanggal 7 Juni hingga 2 Juli 2022 dan terdiri dari 2 babak, yaitu babak penyisihan berupa pengerjaan deck PPT dan babak final berupa deck pitching. Kompetisi ini membawakan kasus bisnis berupa kesulitan yang dialami oleh pengguna Shopee dan ShopeeFood dalam mengklaim dan menggunakan voucher di aplikasi.
Untuk mengatasi masalah tersebut, tim Cakrawala yang beranggotakan Sasangka Adhita Nugraha (Biologi UGM 2019), Alvin Filipi (Teknik Elektro UI 2019), dan Evelyn Velencia Febita (Teknik Biomedis UI 2020) menawarkan serangkaian solusi holistik berupa pengembangan fitur-fitur baru dan peningkatan user interface. Tim Cakrawala menawarkan pengembangan fitur-fitur baru seperti penghapusan tombol “Klaim”, pembuatan fitur “Auto apply voucher”, dan penambahan fitur “Klaim semua” pada aplikasi ShopeeFood untuk meningkatkan conversion rate, meningkatkan user lifetime value, serta mengurangi churn rate. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 50 tim yang beranggotakan 2-3 orang dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa hingga para profesional. Dari 50 tim tersebut, diambil 5 tim terbaik untuk berkompetisi di babak final yang berlangsung di tanggal 2 Juli 2022, dengan mempresentasikan deck PPT yang telah disusun di babak sebelumnya. Dari 5 tim yang berkompetisi di babak final, tim Cakrawala berhasil meraih predikat sebagai best team. [SAN]