• Home
  • Berita dan Pengumuman
  • Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Biologi dan KMP Biologi UGM di Dusun Geger, Desa Seloharjo, Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Biologi dan KMP Biologi UGM di Dusun Geger, Desa Seloharjo, Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Yogyakarta (3/12); Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Biologi UGM kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Geger, Bantul Yogyakarta pada tanggal 3 Desember 2016.  Dua tema dalam kegiatan ini adalah pertama, Sosialisasi Daerah Tangkapan Air, Ketahanan Pangan dan Peternakan; kedua, Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan dengan Pembelajaran Dokter Sampah & Vertikultur. Peserta dari kegiatan ini merupakan warga Dusun Geger, Siswa SD Muhammadiyah Geger dan mahasiswa pascasarjana (S2-S3) Biologi UGM.

Sambutan dari Ketua Prodi Pascasarjana Dr. Diah Rachmawati, M.Si., Ketua KMP Biologi UGM Thoriq Teja Samudra dan Ketua Padukuhan Bapak Narto Suprapto mengawali kegiatan Pengabdian Masyarakat di Dusun Geger sekitar pukul 10.00 WIB. Peserta yang mayoritas merupakan warga masyarakat Dusun Geger memperlihatkan antusiasme yang tinggi karena warga telah memenuhi ruangan saat acara dimulai.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemaparan mengenai pentingnya daerah tangkapan air dan masalah akibat dominansi pohon jati yang “rakus” air terhadap konservasi mata air oleh Dr. Peni Sancayaningsih, M.Sc. Pemaparan selanjutnya oleh Dr. Slamet Widiyanto, M.Sc. mengenai pengetahuan mengenali ciri ternak dalam masa estrus dan kesiagaan warga untuk segera menginseminasi ternak jika ciri tersebut telah dikenali. Dr. Purnomo, M.S. menyampaikan pengetahuan mengenai umbi-umbian yang dapat ditanam di sekitar Dusun Geger dan budaya/ritual yang perlu dikaitkan dengan upaya konservasi pohon yang penting bagi sumber air.

“Menutup lahan terbuka dengan rumput, menanam beberapa jenis pohon (beringin, gayam, rau, asem, jambu air, bambu) di sekitar Dusun Geger dan membuat sumur resapan di tengah kebun jati” ujar Dr. Peni Sancayaningsih, M.Sc. menanggapi pertanyaan yang diajukan warga. Harapannya dari beberapa solusi tersebut dapat meningkatkan laju penyerapan air tanah dan adanya beberapa jenis pohon dapat mengurangi resiko longsor.

Sosialisasi di Dusun Geger juga dilakukan dengan target siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Geger kelas III, IV, dan IV. Acara diawali pada pukul 10.30 WIB dengan sambutan perwakilan KMP Biologi UGM Geterudis Kerans, Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Geger yaitu Ibu Samila, serta Ketua Program Studi S2 Dr. Diah Rachmawati, M.Si. yang sekaligus membuka acara. Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema “Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan dengan Pembelajaran Dokter Sampah dan Vertikultur di SD Muhammadiyah Geger, Dusun Geger” ini terdiri atas dua kegiatan utama, yaitu kegiatan vertikultur yang dilaksanakan di kelas IV bersama Dr. Kumala Dewi, M.Sc. dan kelas V bersama Dr. Diah Rachmawati, M.Si, serta kegiatan dokter sampah yang dilaksanakan di kelas III bersama fasilitator mahasiswa KMP Biologi 2016.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, siswa sangat aktif dalam mewarnai botol bekas dan menanam bibit dengan vertikultur. Selain itu, siswa juga aktif dalam memilah sampah dan mengolah sampah yang telah dipilah menjadi pupuk organik bersama-sama. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan berupa poster vertikultur, pemilahan sampah, dan pengolahan sampah kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Geger.

Acara ditutup dengan pemberian secara simbolis bibit pohon gayam oleh dari Fakultas Biologi UGM kepada Ketua Padukuhan Bapak Nardi Suprapto sebagai gerakan untuk menabung air demi generasi masa depan. Bibit pohon yang diberikan kepada warga Dusunu Geger adalah sejumlah 60 bibit pohon gayam dan 40 bibit pohon duwet. Kedua kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan belajar membangun empati terhadap masyarakat secara kontinu.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]