• Home
  • Kemahasiswaan
  • Kegiatan Mahasiswa
  • Samsudin ‘Pendongeng Bersepeda’, KMP Fakultas Biologi UGM dan KSH Fakultas Biologi UGM lakukan Edukasi Dini Fauna Indonesia di SD Tumbuh 1 Yogyakarta

Samsudin ‘Pendongeng Bersepeda’, KMP Fakultas Biologi UGM dan KSH Fakultas Biologi UGM lakukan Edukasi Dini Fauna Indonesia di SD Tumbuh 1 Yogyakarta

Yogyakarta (27/3); Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Fakultas Biologi UGM dan Kelompok Studi Herpetologi (KSH) Fakultas Biologi UGM, Senin (27/3) pagi lalu adakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Edukasi Fauna Indonesia di SD Tumbuh 1 Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan Samsudin ‘Pendongeng Bersepeda’.

Samsudin pendongeng bersepeda yang juga aktivis lingkungan ini tiba di Yogyakarta dalam misinya mendongeng konservasi melintasi Pulau Jawa, sebelumnya Samsudin telah mengayuh sepedanya ke beberapa kota di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan, diantaranya Lampung, Bengkulu, Jambi, Pekanbaru, Duri, Sumatera Utara, Aceh, Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan. Samsudin bersepeda untuk menyebarkan pendidikan dini tentang Konservasi Satwa dan Hutan di Indonesia. Dalam perjalanannya melintasi Pulau Jawa ini, Yogyakarta merupakan salah satu kota destinasi Samsudin untuk mendongeng tentang Konservasi Satwa dan Hutan Indonesia.

“Ayo! Ini hewan apa namanya? Ada yang tahu?” tanya Samsudin kepada siswa SD Tumbuh 1 Yogyakarta. Sontak para siswa menjawab kompak, “Itu hewan Badak pak!”. “Wuih! Hebat! Iya benar, ini namanya Baja dan Batra. Baja singkatan dari Badak Jawa dan Batra singkatan dari Badak Sumatera” lanjut Samsudin. Dalam dongengnya, Samsudin menggunakan media wayang yang berbahan dasar kertas. Kali ini Samsudin menceritakan cerita tentang penebangan hutan dan perburuan satwa langka di Indonesia. Selain Badak Jawa dan Badak Sumatera, Samsudin juga membawa tokoh-tokoh wayang kertas lainnya, diantaranya Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Orangutan, Bekantan, Pesut Mahakam, Beruang dan tokoh-tokoh lainnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama antara KMP Fakultas Biologi UGM dan KSH Fakultas Biologi UGM yang bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswa dalam upaya pengenalan dan perlindungan satwa di Indonesia. Dalam kesempatan ini,  KSH Fakultas Biologi juga mengenalkan hewan-hewan dari kelompok amphibi dan reptil kepada siswa-siswa SD Tumbuh 1 Yogyakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SD Tumbuh 1 Yogyakarta  Rina Febri Pertiwi menyampaikan kesan positif dilakukannya kegiatan ini, “Kami sangat senang dengan kegiatan ini, terlebih pak Samsudin juga menyinggahi sekolah kami sebagai destinasinya, siswa-siswa sangat senang dengan kehadiran kakak-kakak dari KMP dan KSH Fakultas Biologi UGM, semoga kerja sama ini masih dapat dilanjutkan untuk kedepannya” terang Rina.

KMP Fakultas Biologi UGM pada periode ini menitikberatkan kegiatannya pada kegiatan yang sifatnya kolaboratif sebagai wujud sinergisitas dalam penerapan interdisiplin ilmu yang juga menjadi perhatian Universitas Gadjah Mada. Selain kegiatan yang sifatnya kolaborasi, KMP Fakultas Biologi UGM juga akan lebih banyak berkegiatan bersama masyarakat sebagai salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Agenda

May
3
Wed
all-day The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
The 5th International Conference... @ Eastparc Hotel
May 3 – Sep 16 all-day
The 5th International Conference on Biological Sciences Faculty of Biology Universitas Gadjah Mada Dates and Venue This seminar will be held in September 15-16, 2017 in Eastparc Hotel (Jalan Laksda Adi Soetjipto Km 6,5 Seturan,[...]