Yogyakarta, Kamis 07 Maret 2024 telah dilaksanakan kegiatan Diklat Sipus terintegrasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan dan Arsip UGM bekerjasama dengan Direktorat Teknologi Informasi UGM. Kegiatan yang berlangsung secara hybrid di mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 wib bertempat di Ruang Komputer lantai 1 Perpustakaan dan Arsip UGM. Pada kesempatan kali ini Perpustakaan Fakultas Biologi UGM mengirimkan Rusna Nur Aini, A.Md untuk dapat mengikuti diklat secara langsung, sedangkan 4 staf perpustakaan lainnya Ekowati Purwandari, A.Md, Aris Setiawan SIP., Muh Agus SE dan Suharsono hadir secara daring melalui tautan zoom pada link ugm.id/sipus2024.
Acara diawali dengan sambutan ketua kegiatan Kabid Database dan Jaringan Perpustakaan dan Arsip UGM Yulistiarini Kumaraningrum, S.P., M.M. dan dibuka secara langsung oleh Kepala Perpustakaan dan Arsip UGM Arif Surachman SIP, MBA. Dalam sambutannya Arif Surachman menyampaikan apresiasi kepada tim DTI yang telah bekerja keras dalam melakukan migrasi data dari SIPUS lama menjadi SIPUS terintergrasi dan dapat terkoneksi ke SIMASTER UGM sehingga memudahkan dalam pelayanan dan pengolahan koleksi di perpustakaan. Arif menyampaikan terimakasih kepada seluruh staf yang telah hadir, baik yang hadir secara langsung ataupun yang daring. Tercatat ada 68 peserta yang hadir mengikuti pelatihan SIPUS tersebut dan 70 peserta lainnya hadir secara daring.
Pelatihan SIPUS terintegrasi kali ini di pandu oleh moderator Stevanus Deni Nur Prasetyo, S.Kom dan narasumber Koordinator Bidang Pengembangan dan Perawatan Klaster Student Direktorat Teknologi Informasi Wahyu Sejati, S.T. (Direktorat Teknologi Informasi). Peserta diberikan pembekalan bagaimana cara mengoperasikan SIPUS terintegrasi tersebut dengan memberikan akun Back Office kepada masing-masing peserta pada laman student.simaster.ugm.ac.id yang semula untuk versi SIPUS lama cara aksesnya melalui sipus.simaster.ugm.ac.id. dengan pelatihan SIPUS terintegrasi ini maka mulai tanggal 8 Maret 2024 SIPUS versi lama sudah tidak dapat diakses lagi ujar Kabid database & Jaringan Perpustakaan dan Arsip UGM.
Peserta yang hadir wajib membawa laptop atau menggunakan komputer yang tersedia di laboratorium komputer Perpustakaan. Antusias peserta yang mengikuti kegiatan baik yang hadir secara daring ataupun luring sangat terlihat dengan banyaknya pertanyaan dari peserta yang hadir. Harapannya dengan perubahan sistem informasi yang telah terintegrasi dengan SIMASTER ini dapat memudahkan civitas akademik di Lingkungan UGM dalam mengakses layanan yang di sediakan oleh perpustakaan. Data keanggotaan perpustakaan otomatis dikoneksikan dengan SIA Akademik. Pemustaka dapat mengkases layanan perpustakaan melalui simaster nya masing-masing. Semoga dengan sistem informasi terbaru ini dapat memberikan dampak yang positip bagi civitas akademik khususnya bagi perpustakaan dalam pengelolaan dan layanan sumber informasi yang tersedia di UGM. Salam literasi!!!(Rusna)