Mahasiswa Biologi Universitas Gadjah Mada (S1) kembali menorehkan prestasi dengan meraih Bronze Medal dan Favorit Poster pada Kegiatan El Bajo Essay Competition tingkat nasional. Prestasi ini diraih oleh tim yang diketuai Amelia Rifki Alifiah (Biologi 2019) dan anggotanya Fatika Soraya Taufik (Biologi 2019) di bawah bimbingan Sukirno, S.Si., M.Sc., Ph.D. Kompetisi ini mengusung tema “Ide, Inovasi, dan Kreatifitas untuk Mewujudkan MDGs” dan dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama meliputi seleksi naskah esai secara daring oleh dewan juri dengan total sebanyak 265 karya dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia, sehingga didapatkan 28 tim finalis. Tahap kedua dilaksanakan pada 18-19 Maret 2023 dengan presentasi final secara luring di Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Penyelenggara juga mengadakan field trip untuk para finalis dengan destinasi yang dituju meliputi Pantai Pink, Pulau Komodo, dan Pulau Padar.
Pada kompetisi ini, Amelia dan Fatika mengusung judul “BOBESTEA: Diabetes-Friendly Boba Milk Tea dengan α‐Amylase dan α‐Glucosidase Inhibitor dari Pati Kernel Biji Mangga (Mangifera indica L.) serta Pemanis Alami Stevia rebaudiana Bertoni sebagai Alternatif Minuman Kekinian Rendah Gula”. Dalam esai ini, Amelia dan Fatika membahas bahwa tren minuman boba yang mengalami pertumbuhan pesat pada beberapa tahun terakhir ternyata turut berkontribusi terhadap kenaikan kasus diabetes di Indonesia. Kandungan gula dalam satu porsi minuman boba sendiri dapat mencapai 73,44%, sehingga melebihi batas konsumsi gula harian. Berdasarkan permasalahan tersebut, Amelia dan Fatika menggagas inovasi BOBESTEA dengan boba pearl dari pati kernel biji mangga yang mengandung inhibitor enzim α‐Amylase dan α‐Glucosidase, serta milk tea yang berasal dari kombinasi unsweetened almond milk, black tea, dan pemanis alami Stevia nol kalori. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif minuman kekinian yang jauh lebih sehat, rendah resiko diabetes, dan dapat diterima oleh konsumen, khususnya para millenial dan generasi Z sebagai konsumen utama minuman boba. [ARA]