• UGM
  • Portal Simaster
  • IT Center
  • Webmail
  • KOBI
  • Bahasa Indonesia
    • English
  • Informasi Publik
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Biologi
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi, Misi & Tujuan
    • Organisasi
    • Staff
      • Tenaga Pendidik
      • Tenaga Kependidikan
      • Kepakaran dan Topik Riset Dosen
    • Fasilitas
      • Laboratorium
      • Kebun Biologi
      • Perpustakaan
      • Museum Biologi
      • Konsultasi Kesehatan Mental
    • Galeri
      • Gedung Fakultas
      • Museum Biologi
      • Penelitian
      • Gama Melon
  • Akademik
    • Program Sarjana
      • Visi, Misi, dan Tujuan
      • Matakuliah S1
      • Pendaftaran Skripsi
      • Pendaftaran Ujian Skripsi
      • Pendaftaran Yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Klaim MK Ekstrakurikuler
    • IUP
    • Program Profesi
      • Apa itu PKKH ?
      • Sejarah Pendirian Program Studi PKKH
      • Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi PKKH
      • Kompetensi Lulusan Program Studi PKKH
      • Bahan Kajian dan Profil Lulusan Program Studi PKKH
      • Kurikulum Program Studi PKKH
      • Pendaftaran Mahasiswa Baru PKKH
      • Informasi dan FAQ Program Studi PKKH
    • Program Magister
      • Deskripsi Program Magister Biologi
      • Mata Kuliah S2
      • Kurikulum by research
      • Info Pendaftaran
      • PENDAFTARAN UJIAN KOMPREHENSIF
      • Pendaftaran Ujian Tesis
      • pendaftaran yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Tracer Study
    • Program Doktor
      • Visi, Misi, Tujuan, & Sasaran Program Doktor Biologi
      • Info Pendaftaran
      • Pendaftaran Ujian Komprehensif
    • Akreditasi dan Jaminan Mutu
  • PENELITIAN & PENGGABDIAN
    • Pengelolaan Sampah
  • Kerja Sama
  • Alumni
    • Berita Alumni
    • BCADC (Web Alumni)
    • Data Kabiogama Pascasarjana
    • Data Kabiogama Sarjana
  • Beranda
  • Rilis Berita
  • Pentingnya Doctoral Student Common Room untuk Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa S3

Pentingnya Doctoral Student Common Room untuk Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa S3

  • Rilis Berita, Tajuk
  • 30 Mei 2023, 08.58
  • Oleh: adminbio
  • 0

Tingginya target yang harus dicapai oleh mahasiswa Program Doktor (S3) terkadang menimbulkan kegalauan dari mahasiswa tersebut. Alasannya sangat beragam diantara lain kondisi keluarga yang jauh, belum menemukan pace atau pola belajar yang tepat, circle pertemanan yang sangat kecil dan yang paling penting adalah belum ditemukannya tempat belajar yang dapat mengakomodir kebutuhan mahasiswa S3. Pada hari Jumat 12 Mei 2023 bertempat di BiosHub Acaraki diadakan forum diskusi bersama beberapa mahasiswa S3 Angkatan 2022/2023 Genap. Sebanyak lima orang mahasiswa S3 berkumpul dan terlibat dalam diskusi santai. Salah satu topik bahasan dalam forum tersebut adalah mengenai Common room atau ruang kerja untuk mahasiswa S3.

Salah seorang mahasiswi yang ikut dalam forum tersebut, Selvi Ariyunita mengemukakan bahwa dirinya telah mengetahui keberadaan ruang kerja mahasiswa S3 yang terdapat di lantai 3 gedung A Fakultas Biologi UGM. Namun, Selvi merasa bahwa ruangan tersebut belum nyaman untuk digunakan sebagai tempat belajar. “Sempat lihat isinya, tapi mengurungkan niat untuk menggunakan ruangan tersebut karena layoutnya yang terlalu formal. Selain itu untuk akses kunci harus turun ke bawah juga” ungkap Selvi dalam forum diskusi pada sore itu.

Selvi mencontohkan perpustakaan pusat yang memiliki area casual dengan beanbag dan karpet yang nyaman. Selain itu sirkulasi udaranya juga dapat menyegarkan pikiran yang suntuk.

Mahasiswi lain yaitu Syarafina Ratna Putri mengungkapkan hal serupa. Sebagai mahasiswa S3 yang rata-rata sudah berkeluarga terkadang dibutuhkan ketenangan agar dapat berkonsentrasi atau ruangan yang lebih private untuk berdiskusi dengan sesama mahasiswa S3. Saat ini ruang-ruang yang tersedia seperti Bioshub Acaraki dan Perpustakaan sudah sangat baik namun masih memiliki sedikit kekurangan terutama dari segi jam operasional dan ketenangan.

Adanya perbaikan ruang kerja S3 diyakini dapat meningkatkan semangat belajar dari mahasiswa dan memberikan perasaan “feels like home” bagi mahasiswa perantau sehingga bisa menurunkan kadar stress. Dalam forum tersebut juga telah dicatat beberapa saran terkait ruang kerja S3 diantaranya penambahan loker dan pendingin ruangan serta akses kunci yang lebih mudah seperti ruang KMP.

Tags: SDG 16 : Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh Pembanguan Berkelanjutan SDG 4 : Pendidikan Berkualitas SDG 8 : Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Pembanguan Berkelanjutan SDG 9 : Industri Inovasi dan Infrastruktur SDGs

Akreditasi

Berita Terakhir

  • Kolaborasi PKM-MBKM Fakultas Biologi UGM dan Gerakan Ekonomi Kaum Ibu (GEMI) : Pelatihan Pembuatan Pengharum Ruangan Aromaterapi sebagai Bioinsektisida dari Tanaman Atsiri
  • Field Trip Keilmuan Kelompok Studi Arsitektur Taman (KSAT) 2025
  • Soroti Kasus Lahan Bekas Tambang Nikel yang Tidak Produktif, Mahasiswa Fakultas Biologi Raih Silver Medal pada Lomba Esai Nasional SEARY 8.0
  • BEM Biologi Selenggarakan Sekolah Desain 2025
  • IGF Primers “Back to Basic” Hands-on Workshop
Universitas Gadjah Mada

UNIVERSITAS GADJAH MADA

FAKULTAS BIOLOGI
Jalan Teknika Selatan, Sekip Utara,
Yogyakarta 55281
biologi-ugm@ugm.ac.id
Telepon/Fax: +62 (274) 580839

Tentang Kami

  • Sejarah
  • Organisasi
  • Staff
  • VISI, MISI & TUJUAN
  • Biodiversitas
  • Informasi Publik

KEMAHASISWAAN

  • Pelayanan Mahasiswa
  • Organisasi Mahasiswa
  • Pengajuan Kerja Praktik Lapangan
  • Izin Penelitian Lapangan
  • Izin Penelitian Skripsi/Tesis/Disertasi

Akademik

  • Peraturan Akademik
  • Pengumuman Akademik

Survei Kepuasan Layanan

  • Survei Layanan Akademik
  • Survei Layanan KASDM
  • Survei Layanan P2MKSA
  • Survei Layanan Laboratiorum
  • Survei Layanan K5L dan Driver

Akreditasi

  • Image 1
  • Image 2
  • Image 3

© 2024 FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY