Yogyakarta, November 2025 – Tim mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dengan nama tim Kacamata Botanika telah meraih prestasi juara 2 dalam lomba media pembelajaran nasional yang diadakan oleh Universitas Siliwangi. Lomba tersebut diikuti oleh 11 tim lainnya dan diadakan dari 13 Agustus 2025 hingga 22 Agustus 2025. Tim Kacamata Botanika diketuai oleh Johs Carlo Edison Abon dan beranggotakan Roxaline Sih Tanwinilang dan Adika Pramudya Nugraha.
Plant blindness adalah permasalahan dalam bidang pendidikan yang tim Kacamata Botanika angkat. Pada dasarnya, plant blindness adalah kondisi ketidaksadaran dan ketidakacuhan terhadap keberadaan, keunikan, dan kegunaan tumbuhan bagi manusia dan lingkungan. Dengan itu Tim Kacamata Botanika telah menciptakan solusi dalam bentuk permainan kartu digital yang mengajarkan mengenai identifikasi tumbuhan pada tingkat famili. Kacamata Botanika dikode melalui software Godot dan juga memiliki versi fisik. Selain mengenalkan cara identifikasi tumbuhan, kacamata botanika juga mengajarkan pentingnya peran tumbuhan bagi manusia.
Pada saat ini, game kacamata botanika ini masih dalam tahap proses pengembangan. Untuk sekarang, permainan ini dapat dimainkan 1vs1 dengan computer (bot) yang dapat dimainkan pada pc. Pengembangan game ini diharapkan dapat menjangkau ke berbagai platform, terutama android dan dapat dimainkan secara multiplayer (online) dengan kolaborasi berbagai pihak, tidak hanya sebatas Biologi saja, dimana yang kita ketahui bersama bahwa Biologi merupakan bidang ilmu yang sifatnya multidisipliner dimana dengan adanya kolaborasi berbagai pihak dapat memberikan hasil yang lebih baik dan maksimal pula. [Penulis: Johs Carlo Edison Abon]



