• UGM
  • Portal Simaster
  • IT Center
  • Webmail
  • KOBI
  • Bahasa Indonesia
    • English
  • Informasi Publik
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Biologi
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi, Misi & Tujuan
    • Organisasi
    • Staff
      • Tenaga Pendidik
      • Tenaga Kependidikan
      • Kepakaran dan Topik Riset Dosen
    • Fasilitas
      • Laboratorium
      • Kebun Biologi
      • Perpustakaan
      • Museum Biologi
      • Konsultasi Kesehatan Mental
    • Galeri
      • Gedung Fakultas
      • Museum Biologi
      • Penelitian
      • Gama Melon
  • Akademik
    • Program Sarjana
      • Visi, Misi, dan Tujuan
      • Matakuliah S1
      • Pendaftaran Skripsi
      • Pendaftaran Ujian Skripsi
      • Pendaftaran Yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Klaim MK Ekstrakurikuler
    • IUP
    • Program Profesi
      • Apa itu PKKH ?
      • Sejarah Pendirian Program Studi PKKH
      • Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi PKKH
      • Kompetensi Lulusan Program Studi PKKH
      • Bahan Kajian dan Profil Lulusan Program Studi PKKH
      • Kurikulum Program Studi PKKH
      • Pendaftaran Mahasiswa Baru PKKH
      • Informasi dan FAQ Program Studi PKKH
    • Program Magister
      • Deskripsi Program Magister Biologi
      • Mata Kuliah S2
      • Struktur Kurikulum Program Magister
      • Info Pendaftaran
      • PENDAFTARAN UJIAN KOMPREHENSIF
      • Pendaftaran Ujian Tesis
      • pendaftaran yudisium
      • Pendaftaran Wisuda
      • Tracer Study
    • Program Doktor
      • Visi, Misi, Tujuan, & Sasaran Program Doktor Biologi
      • Kurikulum Program Doktor
      • Info Pendaftaran
      • Pendaftaran Ujian Komprehensif
    • Akreditasi dan Jaminan Mutu
  • PENELITIAN & PENGGABDIAN
    • Pengelolaan Sampah
  • Kerja Sama
  • Alumni
    • Berita Alumni
    • BCADC (Web Alumni)
    • Data Kabiogama Pascasarjana
    • Data Kabiogama Sarjana
  • Beranda
  • Kegiatan Mahasiswa
  • Program KKN: Revitalisasi Taman Baca Masyarakah Padukuhan Kanten, Kebonagung, Imogiri Bantul

Program KKN: Revitalisasi Taman Baca Masyarakah Padukuhan Kanten, Kebonagung, Imogiri Bantul

  • Kegiatan Mahasiswa, Rilis Berita
  • 5 Agustus 2024, 09.20
  • Oleh: ichsan.risalba
  • 0
Kebonagung, Imogiri – Pada hari Senin, 29 Juli 2024, kegiatan Revitalisasi Taman Baca Masyarakat Padukuhan Kanten sukses dilaksanakan di Angkringan Kulon Omah Kanten, Kebonagung, Imogiri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, memperluas wawasan terkait fenomena terkini, serta menumbuhkan semangat literasi pada anak-anak, remaja, dan dewasa.

Acara ini dihadiri oleh 30 peserta, termasuk Bu Kader Posyandu Balita (Bu Linda, Bu Tini, Bu Ning, Bu Rejeb, Bu Saryanti, Bu Purwaningsih) dan Bu Dukuh (Bu Wagiyana). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Nur Indah Septriani, S.Si., M.Sc., Ph.D., dari Fakultas Biologi.


Program ini diinisiasi untuk menghidupkan kembali semangat membaca di tengah masyarakat, dengan harapan dapat menjadi sumber informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. Diharapkan melalui revitalisasi ini, masyarakat Padukuhan Kanten dapat lebih aktif dalam kegiatan literasi, baik untuk hiburan maupun pengembangan diri.



Poin-poin Sustainable Development Goals (SDGs) yang terkait dengan kegiatan ini:

  • SDG 4: Pendidikan Berkualitas
    Kegiatan ini mendukung akses pendidikan berkualitas bagi semua kalangan masyarakat, dengan menyediakan ruang dan bahan bacaan yang memadai untuk memperluas pengetahuan.
  • SDG 10: Mengurangi Ketimpangan
    Dengan memberikan akses ke informasi dan pendidikan melalui taman baca, kegiatan ini membantu mengurangi ketimpangan dalam hal pengetahuan dan informasi di masyarakat.
  • SDG 11: Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan
    Revitalisasi taman baca ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan aman, yang dapat menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya di masyarakat.
  • SDG 16: Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat
    Kegiatan ini juga berperan dalam mempromosikan inklusivitas dan toleransi di masyarakat dengan menyediakan tempat di mana semua anggota komunitas dapat berkumpul dan belajar bersama.
  • Tags: SDG 10 : Berkurangnya Kesenjangan SDG 11 : Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 16 : Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh Pembanguan Berkelanjutan SDG 4 : Pendidikan Berkualitas SDGs

    Akreditasi

    Berita Terakhir

    • Sinergi UGM dan Masyarakat Karangmojo, Perkuat Ketahanan Pangan Lokal dan Dukung Program Gizi Anak Sekolah
    • [Hibah PkM-Desa Mitra] Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kampung Satwa dalam Rangka Mendukung Kegiatan Edu-Ekowisata
    • Pembukaan dan Courtesy Dinner Summer Course Internasional: Kolaborasi Fakultas Biologi UGM dan University of Technology Sydney Yogyakarta, 30 Juni 2025
    • Fakultas Biologi UGM dan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Sahkan Rencana Kerja Tahunan 2025 dan Perkuat Kolaborasi Konservasi Berkelanjutan
    • Kemajuan PkM Desa Mitra Sinduadi : Sosialisasi, Studi Lapang, dan Pemantauan “Pemberdayaan Produktivitas Kebun Budidaya Kelengkeng Lokal Unggul dan Polinator Klanceng di Kebun Sawetsari Fakultas Biologi UGM”
    Universitas Gadjah Mada

    UNIVERSITAS GADJAH MADA

    FAKULTAS BIOLOGI
    Jalan Teknika Selatan, Sekip Utara,
    Yogyakarta 55281
    biologi-ugm@ugm.ac.id
    Telepon/Fax: +62 (274) 580839

    Tentang Kami

    • Sejarah
    • Organisasi
    • Staff
    • VISI, MISI & TUJUAN
    • Biodiversitas
    • Informasi Publik

    KEMAHASISWAAN

    • Pelayanan Mahasiswa
    • Organisasi Mahasiswa
    • Pengajuan Kerja Praktik Lapangan
    • Izin Penelitian Lapangan

    Akademik

    • Peraturan Akademik
    • Pengumuman Akademik

    Survei Kepuasan Layanan

    • Survei Layanan Akademik
    • Survei Layanan KASDM
    • Survei Layanan P2MKSA
    • Survei Layanan Laboratiorum
    • Survei Layanan K5L dan Driver

    Akreditasi

    • Image 1
    • Image 2
    • Image 3

    © 2024 FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA

    KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY